HUBUNGAN DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI DAN KELENTUKAN PINGGANG DENGAN KEMAMPUAN TENDANGAN EOLGOL DOLLYO CHAGI ATLET TAEKWONDO DOJANG UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Agung, Prasetio and Jonni, Jonni and Yuni, Astuti (2018) HUBUNGAN DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI DAN KELENTUKAN PINGGANG DENGAN KEMAMPUAN TENDANGAN EOLGOL DOLLYO CHAGI ATLET TAEKWONDO DOJANG UNIVERSITAS NEGERI PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER - BAB I.pdf

Download (388kB)
[img] Text
SKRIPSI.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Masalah penelitian ini adalah seringkali tendangan eolgol dollyo chagi yang dilakukan atlet tidak kuat, tidak cepat, tidak akurat, dan tendangan yang dilakukan terlihat kaku. Hal ini menyebabkan setiap tendangan eolgol dollyo chagi tidak dapat menghasilkan point sehingga atlet kalah dalam bertanding.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan daya ledak otot tungkai dan kelentukan dengan kemampuan tendangan eogol dollyo chagi atlet taekwondo dojang Universitas Negeri Padang. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah atlet taekwondo dojang Universitas Negeri Padang yang berjumlah 112 orang (61 putera dan 50 orang puteri). Sampel penelitian adalah atlet putera senior usia 17 tahun ke atas yang berjumlah 25 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Untuk mengukur daya ledak otot tungkai digunakan standing broad jump test. Untuk mengukur kelentukan digunakan waist rotation flexibility. Mengukur kemampuan tendangan eolgol dollyo chagi maka dilakukan dengan cara menilai keterampilan gerak tendangan oleh judgement (penilai). Teknik analisis data menggunakan analisis korelasional dengan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian diperoleh: (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara daya ledak otot tungkai dengan kemampuan tendangan eolgol dollyo chagi atlet taekwondo dojang Universitas Negeri Padang (th = 2,97 > tt = 1,71). (2) Terdapat hubungan yang signifikan antara kelentukan dengan kemampuan tendangan eogol dollyo chagi atlet taekwondo dojang Universitas Negeri Padang (th = 2,73 > tt = 1,71). (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara daya ledak otot tungkai dan kelentukan secara bersama-sama dengan kemampuan tendangan eogol dollyo chagi atlet taekwondo dojang Universitas Negeri Padang (Fh 6,93 > Ft= 3,12).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 31 Jul 2023 07:08
Last Modified: 31 Jul 2023 07:08
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14295

Actions (login required)

View Item View Item