TINJAUAN PELAKSANAAN KEGIATAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH(UKS) DI SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN BAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN

Arianto, Arianto and Jaslindo, Jaslindo and Ali, Mardius (2018) TINJAUAN PELAKSANAAN KEGIATAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH(UKS) DI SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN BAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (223kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah beberapa sekolah masih ada yang belum menjalankan kegiatan UKS sesuai dengan yang seharusnya. Hal ini mungkin disebabkan oleh beberapa faktor seperti kurangnya pemahaman guru mengenai pelaksanaan kegiatan usaha kesehatan sekolah (UKS) di sekolah dasar serta belum pernah guru tersebut mengikuti sosialisasi tentang kegiatan usaha kesehatan sekolah (UKS) di sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Tinjauan Pelaksanaan Kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini bersifat deskriptif. Populasi penelitian adalah sekolah dasar negeri Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan dengan jumlah sekolah dasar negeri sebanyak 38 sekolah dasar. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Purposive Sampling, dari 38 sekolah dasar menjadi 6 sekolah dasar, yaitu 2 SD Inti dan 4 SD Imbas. Pengambilan data dilakukan dengan cara peneliti menilai/mengisi angket pengamatan/lembar observasi yang dirancang sedemikian rupa sehingga bisa menyebabkan informasi yang lebih objektif dari responden. Analisis data penelitian menggunakan teknik distribusi frekwensi (statistik deskriptif) dengan perhitungan persentase P = F/N × 100%. Hasil analisis data diperoleh berdasarkan hasil pengamatan terhadap 6 Sekolah Dasar Negeri yang berhubungan dengan Tinjauan Pelaksanaan Kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan dengan tingkat pencapaian sebesar 33,01% dan termasuk interpretasi lemah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 31 Jul 2023 07:31
Last Modified: 31 Jul 2023 07:31
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14300

Actions (login required)

View Item View Item