HUBUNGAN ANTARA TINGGI BADAN DAN POWER OTOT TUNGKAI DENGAN KEMAMPUAN LOMPAT JAUH SISWA SMP NEGERI 1 BASA AMPEK BALAI TAPAN

Mellya, Rozindra and Chalid, Marzuki and Apriyanti, Rahmalia (2018) HUBUNGAN ANTARA TINGGI BADAN DAN POWER OTOT TUNGKAI DENGAN KEMAMPUAN LOMPAT JAUH SISWA SMP NEGERI 1 BASA AMPEK BALAI TAPAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER - BAB I.pdf

Download (320kB)
[img] Text
SKRIPSI.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan lompat jauh siswa SMP Negeri 1 Basa Ampek Balai Tapan. Dalam pembelajaran disekolah, kurangnya postur tinggi badan dan Power otot tungkai sangat berpengaruh dalam lompatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hubungan tinggi badan dan power otot tungkai dengan kemampuan lompat jauh siswa putra kelas VIII SMPN 1 Basa Ampek Balai Tapan. Jenis penelitian adalah korelasional dengan populasi adalah siswa kelas VIII SMP 1 Basa Ampek Balai Tapan berjumlah 59 orang. Penarikan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan cara total Sampling yang berjumlah 59 orang siswa. Instrumen tes ada tiga, tes tinggi badan untuk variabel tinggi badan, standing broad jump untuk mengukur power otot tungkai dan tes lompat jauh. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment dan korelasi ganda dengan taraf signifikan (0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara tinggi badan dengan kemampuan lompat jauh siswa putra kelas VIII SMP 1 Basa Ampek Balai Tapan dengan hasil rhitung 0,351 > rtabel 0,254 (2) Terdapat hubungan yang signifikan antara power otot tungkai dengan kemampuan lompat jauh siswa putra kelas VIII SMP1 Basa Ampek Balai Tapan dengan hasil rhitung 0,417 > rtabel 0,254 (3) Terdapat hubungan yang signifikan secara bersamasama antara tinggi badan, power otot tungkai terhadap kemampuan lompat jauh siswa putra kelas VIII SMP 1 Basa Ampek Balai Tapan dengan hasil Rhitung 0,443 > Rtabel 0,254. Kata kunci : Tinggi Badan, Power Otot Tungkai, Kemampuan Lompat Jauh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 31 Jul 2023 07:40
Last Modified: 31 Jul 2023 07:40
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14303

Actions (login required)

View Item View Item