PENERAPAN PIDANA PADA PENGGELAPAN YANG DILAKUKAN OLEH DEBT COLLECTOR TERHADAP DANA NASABAH BANK (Putusan No: 104/Pid.B/2014/PN.Lmg)

ADEK AULIA AKBAR, ADEK AULIA AKBAR (2018) PENERAPAN PIDANA PADA PENGGELAPAN YANG DILAKUKAN OLEH DEBT COLLECTOR TERHADAP DANA NASABAH BANK (Putusan No: 104/Pid.B/2014/PN.Lmg). Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
ADEK AULIA AKBAR (3).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
ADEK AULIA AKBAR cover.pdf

Download (1MB)

Abstract

PENERAPAN PIDANA PADA PENGGELAPAN YANG DILAKUKAN OLEH DEBT COLLECTOR TERHADAP DANA NASABAH BANK (Studi Perkara No : 104/Pid.B/2014/PN.Lmg) 1 Adek Aulia Akbar, 1 Syafridatati, 2 Rianda Seprasia, 1 Progam Studi Ilmu Hukum, Universitas Bung Hatta, Dosen Luar BiasaFakultas Hukum Universitas Bung Hatta 2 Email: adekauliaakbar25@gmail.com ABSTRAK Penggelapan yang dilakukan oleh debt collectormelanggar Pasal 374 KUHP. Salah satu kasus yang dilakukan olehdebt collector yaitu penggelapan terhadap dana nasabah Bank Perkreditan Rakyat Mitra Dhana Ceswara di Lamongan. Rumusan masalah 1) Bagaimanakah penerapan pidana pada penggelapanyang dilakukan oleh debt collector terhadapdana nasabah bank pada perkara No: 104/Pid.B/2014/PN.Lmg) 2) Bagaimanakah pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan tindak pidana penggelapan yang dilakukanoleh debt collector terhadap dana nasabah bank pada perkara No:104/Pid.B/2014/PN.Lmg). Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis normatif. Data yang digunakan data sekunder berupa Putusan Pengadilan, Peraturan Undang-Undang dan Data diperoleh dengan studi dokumen dan dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan penelitian disimpulkan: 1) Penerapan pidana pada penggelapanyang dilakukan oleh debt collector terhadapdana nasabah bank pada perkara No: 104/Pid.B/2014/PN.Lmg)hakim hanya memberikan pidana penjara selama 1 (satu) tahun 3 (tiga) bulan kepada terdakwa dalam artian lebih sedikit dari pada tuntutan dari JPU yakni selama 2 (dua) tahun penjara,2) Pertimbangan hakim pada penggelapan yang dilakukan oleh debt collector terhadap dana nasabah bank pada perkara No: 104/Pid.B/2014/PN.Lmg) telah sesuai dengan pertimbangan yuridis dan non yuridis, hakim sependapat dengan dakwaann yang JPU berikan yaitu dalam Pasal 374 jo Pasal 64 (1) KUHP. Kata Kunci : Penerapan, Pidana, Penggelapan, Debt Collector

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hermanto UBH
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:17
Last Modified: 01 Aug 2023 04:17
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14346

Actions (login required)

View Item View Item