Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Bamboo Dancing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPS di SD Negeri 01 Batang Anai

Uci, Irnalisa Arif and Muhammad, Sahnan and Rona Taula, Sari (2017) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Bamboo Dancing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPS di SD Negeri 01 Batang Anai. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (765kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (199kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh belum tepat hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar IPS siswa yang menerapkan model Bamboo Dancing lebih baik dari pada hasil belajar IPS siswa yang menerapkan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SDN 01 Batang Anai. Jenis penelitan adalah eksperimen. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa SDN 01 Batang Anai tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian adalah kelas V, kelas Va sebagai kelas eksperimen dan kelas Vcsebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes hasil belajar siswa. Berdasarkan teknik analisis data hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh bahwa t hitung = 3,70 sedangkan t tabel = 1,67 pada taraf nyata α 0,05 dan dk = 65. Dengan demikian, t hitung> t table maka hipotesis diterima atau terdapatnya perbedaan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 01 Batang Anai tahun pelajaran 2016/2017 pada penggunaan model pembelajaran Bamboo Dancing dengan metode pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS siswa yang menggunakan model Bamboo Dancing lebih baik dari pada hasil belajar IPS siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Model Bamboo Dancing, Experimen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 01 Aug 2023 07:04
Last Modified: 01 Aug 2023 07:04
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14362

Actions (login required)

View Item View Item