PERANAN BALAI PENGELOLAAN SUMBER DAYA PESISIR DANLAUT PADANG DALAM MEMBERANTAS PERNIAGAAN PENYUYANG DILINDUNGI DI SUMATERA BARAT

DHARMA HIDAYATULLAH, DHARMA HIDAYATULLAH (2018) PERANAN BALAI PENGELOLAAN SUMBER DAYA PESISIR DANLAUT PADANG DALAM MEMBERANTAS PERNIAGAAN PENYUYANG DILINDUNGI DI SUMATERA BARAT. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
DHARMA HIDAYATULLAH cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI OTW KOMPRESIF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PERANAN BALAI PENGELOLAAN SUMBER DAYA PESISIR DAN LAUTPADANG DALAM MEMBERANTAS PERNIAGAAN PENYU YANG DILINDUNGI DI SUMATERA BARAT Dharma hidayatullah 1 2 , Fitriati 1 , Yetisma Saini , 1 Program StudiIlmuHukum, FakultasHukum, Universitas Bung Hatta 2 Program StudiIlmuHukum, FakultasHukum, UniversitasEkasakti e-mail : dharmahidayaat14@gmail.com ABSTRAK Tindak pidana memperniagakan penyu yang dilindungi diatur dalam UndangundangNomor 5 Tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam dan ekosistemnya Pasal 21 ayat (2) huruf b dan Ketentuan pidana diatur dalam Pasal 40 ayat (2)Seoranag Yef melakukan memperniagakan telur penyu di Kelurahan Berok Nipah. Petugas BPSPL padang melakukan tindak penangkapan terhadap Yef bekerja sama dengan Polresta padang melakukan penangkapan terhadap pelaku Yef Padang, Senin 18 Januari 2016. Rumusan Masalah (1) Bagaimanakah peran Balai Penggelolaan Sumber Daya Pesisir Dan Laut Padang dalam memberantas perniagaan penyu yang di lindungi di Sumatera Barat (2) Hambatanhambatan apa sajakah yang ditemui oleh Balai Penggelolaan Sumber Daya Pesisir Dan Laut Padang dalam pemberantasan penyu yang dilindungi di Sumatera Barat . Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yuridis sosiologis. Sumber datanya adalah data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi dokumen, data dianalisis secara kualitatif. Simpulan hasil penelitian (1) Peranan BPSPL dalam memberantasan penyu yang dilindungi BPSPL telah melakukan : a. Pengawasan b.petugas razia c. Pelestarian dan edukasi konservasi (2) Hambatan yang ditemui oleh pihak BPSPL yaitu menemukan : a. Mengusut siapa yang mengedar telur tersebut b. Faktor gender c. Dalam hal memberantas pedagang telur penyu d. Dalam hal memutus mata rantai perdagangan telur penyu. Kata Kunci : Peranan BPSPL, Perniagaan, Penyu, Dilindungi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hermanto UBH
Date Deposited: 02 Aug 2023 02:26
Last Modified: 02 Aug 2023 02:26
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14396

Actions (login required)

View Item View Item