ANALISIS PENGARUH UTANG LUAR NEGERI, EKSPOR, INVESTASIASING DAN INFLASI TERHADAP PRODUK DOMESTIK BRUTO PERIODE 1990-2017 (STUDI KASUS NEGARA BERKEMBANG DAN MAJU)

Muhammad Syukri, Muhammad Syukri and Evi Susanti Tasri S.E.,M.Si, Evi Susanti Tasri S.E.,M.Si and Firdaus, Firdaus (2018) ANALISIS PENGARUH UTANG LUAR NEGERI, EKSPOR, INVESTASIASING DAN INFLASI TERHADAP PRODUK DOMESTIK BRUTO PERIODE 1990-2017 (STUDI KASUS NEGARA BERKEMBANG DAN MAJU). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
skripsipdb SUKRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (999kB)

Abstract

ANALISIS PENGARUH UTANG LUAR NEGERI, EKSPOR, INVESTASI ASING, DAN INFLASI TERHADAP PRODUK DOMESTIK BRUTO PERIODE 1990-2017 (STUDI KASUS NEGARA BERKEMBANG DAN MAJU) Muhammad Syukri, Evi Susanti 1 2 Tasri dan Firdaus Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta Jalan Sumatera Ulak Karang Padang Sumatera Barat Handphone 081275437571 E-mail : Mhdsyukri793@gmail.com, Evi.susanti74@yahoo.com, Firdaus@Bunghatta.co.id ABSTRAK Produk domestik bruto (PDB) sering dianggap sebagai ukuran terbaik dari kinerja perekonomian nasianal. PDB digunakan sebagai tolak ukur baik buruknya perekonomian sebuah negara dan sebagai tolak ukur kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan secara empiris mengenai pengaruh Utang Luar Negeri (ULN), Ekspor (EKS), Investasi Asing (PMA) dan Inflasi (INF) dampaknya terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Populasi penelitian ini adalah pemerintahan negara Indonesia sebagai negara berkembang dan Amerika Serikat sebagai negara maju. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data time series selama 28 tahun yang dimulai dari tahun 1990 sampai dengan 2017, data yang digunakan diperoleh dari World Bank. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Ordinary Least Square (OLS). Dari hasil alat analisis OLS, 1) variabel utang luar negeri dan ekspor Indonesia berpengaruh positif dan signifikan terhadap PDB Indonesia, sedangkan variabel investasi asing dan inflasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap PDB Indonesia. 2) variabel investasi asing Amerika Serikat berpengaruh negatif dan signifikan terhadap PDB Amerika Serikat, sedangkan variabel utang luar negeri, ekspor, dan inflasi Amerika Serikat berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap PDB Amerika Serikat. Kata kunci: Produk Domestik Bruto, Utang Luar Negeri, Ekspor, Investasi Asing, Inflasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Depositing User: iswandi ubh
Date Deposited: 02 Aug 2023 06:30
Last Modified: 02 Aug 2023 06:30
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14426

Actions (login required)

View Item View Item