MODEL PEMBELAJARAN PENEDIDIKAN JASMANI BERBASIS TEAM PLAY TURNAMEN (TPT) UNTUK MEMBANGUN KARAKTER KINERJA PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS

Ali, Mardius and Apriyanti, Rahmalia and Alfiqroam, Kumar and Fajry, Maifendri (2023) MODEL PEMBELAJARAN PENEDIDIKAN JASMANI BERBASIS TEAM PLAY TURNAMEN (TPT) UNTUK MEMBANGUN KARAKTER KINERJA PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS. MODEL PEMBELAJARAN PENEDIDIKAN JASMANI BERBASIS TEAM PLAY TURNAMEN (TPT) UNTUK MEMBANGUN KARAKTER KINERJA PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS.

[img] Text
Laporan Penelitian (Ali Mardius) 2023.pdf

Download (4MB)

Abstract

1 RINGKASAN Mengingat banyaknya peserta didik di Sekolah Mengeh Atas, yang memiliki karakter kinerja rendah dalam belajar seperti, kurang gigih dalam mencapai apa yang diraih, kurang tekun dalam belajar, kurang disiplin diri, dan kurangnya sikap positif yang dimiliki peserta didik. Hal ini membuat peneliti berkeinginan untuk mendeasain dan mengembangkan model pembelajaran pendidikan jasmani di tingkat Sekolah Menegah Atas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangakan model pembelajaran pendidikan jasmani berbasis Team Play Turnamen untuk membangun karakter kerja peserta didik Sekolah Mengah Atas. Penelitian ini termasuk pada jenis penelitian dan pengembangan (research and development), yang bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk. Dalam penelitian ini, model pengembangan yang dipakai adalah mengunakan model ADDIE. Model ini terdidri dari (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, dan (5) Evalusai. Hasil yang diharapkan dalam pengemabngan ini adalah, produk penelitian yang valid, praktis dan efektif. Produk tersebu berupa, Buku Model Pembelajaran, Pedoman Guru, dan Perangkat Pembelajaran. Untuk menghasilkan mode pembelajaran ini, maka digunakan instrument seperti, observasi, interview, dokumentasi, angket, dan lembar evaluasi hasil belajar peserta didik. Populasi penelitian ini adalah, SMA N di Kabupaten Pesisir Selatan, dan sampelnya adalah, SMAN 1 Sutera. Tahap pengujian dilakukan pengujian terbatas, kemudian dilanjutkan pengujian sampel secara luas. Proses pembutan modul dilakukan dengan melakukan berbagai pengujian, yaitu; (1) uji validitas, (2) uji reliabelitas, (3) uji praktikalitas, dan (4) uji efektifitas produk. Semua data dianalisis dengan memanfaakan IBM SPSS software. Signifikansi ditentukan pada tingkat p < 0,05. Penelitian ini dikembangkan di SMA Negeri Kecamatan Sutera Lengayang Kab. Pesisir Selatan, bertujuan untuk membuat Model Pembelajaran, a. Dalam Visi di sebutkan bahwa, penelitian darahkan untuk Mendorong berkembangnya penelitian inovatif, HKI, Paten dan hasil penelitian yang dapat dimanfaatkan industri dan perusahaan serta dinas terkait. Adapun luaran dari penelitian ini terdiri dari luaran wajib, yaitu: Buku Model Pembelajaran, Pedoman Guru, dan Perangkat Pembelajaran.. Untuk Tingkat Kesiapterapan Teknologi yang diusulkan adalah TKT 3 kategori sosial, humaniora dan Pendidikan, yang tertuang dalam indikator 3, yakni: Hasil/output litbang yang disampaikan menjadi referensi dan informasi bagi pihak terkait, Model Pembelajaran Penedidikan Jasmani Berbasis Team Play Turnamen Kata kunci maksimal 5 kata: Pendidikan Jasmani, Team Play Turnamen, Membangun Karakter Kinerja

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Hermanto UBH
Date Deposited: 02 Aug 2023 10:48
Last Modified: 02 Aug 2023 10:48
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14428

Actions (login required)

View Item View Item