SEKOLAH INFORMAL PEMBENTUK KEPRIBADIAN ANAK

Eko, Alvares and Ika, Mutia and Duddy, Fajriansyah (2017) SEKOLAH INFORMAL PEMBENTUK KEPRIBADIAN ANAK. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
19. Cover.pdf

Download (447kB)
[img] Text
19. Skripsi.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan merupakan sesuatu yang bersifat universal dan merupakan peradaban manusia. Pendidikan informal mencakup belajar dari keluarga, lingkungan, dan aspek lainnya. Kedepannya, konsep pendidikan sekolah terbuka berorientasikan mendidik anak-anak untuk seimbang antara kognitif, afektif, dan psikomotorik. Kemudian aspek- aspek ini meningkatkan pemahaman mereka terhadap kehidupan. Sistem pendidikan pada sekolah-sekolah di Indonesia lebih mengutamakan pencapaian nilai (kuantitas), bukan moral (kualitas). Moral anak cenderung terlupakan meskipun anak tersebut pintar dari segi mata pelajaran umum. Dibutuhkan sebuah wadah yang mampu membentuk moral anak-anak. Wadah yang dimaksud adalah sekolah informal. Sekolah informal memiliki perbedaan dalam sistem kurikulum dengan sekolah formal. Sekolah informal yang mengutamakan kreativitas dan kebahagiaan anak dengan metoda pembelajaran yang diminati oleh anak-anak. Lulusan dari sekolah informal ini diharapkan memiliki dua alternatif setelah lulus, yaitu mampu bekerja karena memiliki keterampilan yang telah diberikan dari sekolah informal dan mampu melanjutkan ke sekolah formal tingkat selanjutnya dengan bekal ilmu pengetahuan yang mumpuni. Kata kunci: sekolah informal, pembenuk kepribadian, sirkulasi, ruang terbuka

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Program Pascasarjana > Arsitektur
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 04 Aug 2023 04:26
Last Modified: 04 Aug 2023 04:26
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14467

Actions (login required)

View Item View Item