PERANAN BEA CUKAI DALAM MENCEGAH TINDAK PIDANAPENYELUNDUPAN ROKOK BERPITA CUKAI BEKAS (Studi Kasus : Kantor Bea dan Cukai Teluk Bayur)

PRATAMA EVANDO, PRATAMA EVANDO (2018) PERANAN BEA CUKAI DALAM MENCEGAH TINDAK PIDANAPENYELUNDUPAN ROKOK BERPITA CUKAI BEKAS (Studi Kasus : Kantor Bea dan Cukai Teluk Bayur). Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
PRATAMA EVANDO cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PERANAN BEA DAN CUKAI DALAM MENCEGAH TINDAK PIDANA PENYELUNDUPAN ROKOK BERPITA CUKAI BEKAS (Studi Kasus : Kantor Bea dan Cukai Teluk Bayur) 1 Pratama Evando 1 , Uning Pratimaratri 1 , Yetisma Saini , 1 Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Bung Hatta e-mail : Pratamaevando2828@gmail.com ABSTRAK Pita cukai bekas adalah pita cukai yang sebelumnya telah digunakan oleh rokok yang legal kemudian dipakai kembali untuk rokok yang illegal demi menghindari pungutan cukai.Pita cukai bekas pakai diatur dalam Pasal 55 Undang-undang Nomor 39 Tahun 2007 tentang Cukai .Contoh kasus yang terjadi pada tahun 2017 telah terjadi penyelundupan Rokok Berpita Cukai Bekas di wilayah Hukum Bea dan Cukai Teluk Bayur, Jumlah Rokok yang berhasil digagalkan adalah 12.000 (Dua belas ribu) bungkus rokok perkiraan nilai barang dari hasil penangkapan tersebut adalah Rp.157.000.000 (seratus lima puluh juta rupiah). Rumusan Masalah (1) Bagaimanakah peran Bea dan Cukai Teluk Bayur dalam menanggulangi tindak pidana penyelundupan rokok berpita cukai bekas ? (2) Apa saja hambatan-hambatn yang ditemui oleh aparat Bea dan Cukai Teluk Bayur dalam menanggulangi tindak pidana penyelundupan rokok berpita cukai bekas? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yuridis sosiologis. Sumber data adalah data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi dokumen. Simpulan hasil penelitian (1) Peranan petugas Bea dan Cukai terhadap penyelundupan rokok berpita cukai bekas dilaksanakan dengan upaya preventif dan represif,(2) petugas Bea dan Cukai mengalami beberpa hambatan-hambatan, yaitu 1.kesadaran hukum masyarakat, 2.sarana dan prasarana yang belum memadai dan 3.kekurangan Sumber daya manusia. Kata Kunci : Peranan, Bea Dan Cukai, Penyelundupan, Rokok Berpita Cukai Bekas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hermanto UBH
Date Deposited: 07 Aug 2023 06:51
Last Modified: 07 Aug 2023 06:51
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14487

Actions (login required)

View Item View Item