MUTU KIMIA DAN ORGANOLEPTIK LAPEK BUGIH YANG DISUBSTITUSI DENGAN ABON IKAN NILA (Oreochromis niloticus) DAN ABON IKAN LELE (Clarias gariepinus)

Yolla, Tifa and Yusra, Yusra (2023) MUTU KIMIA DAN ORGANOLEPTIK LAPEK BUGIH YANG DISUBSTITUSI DENGAN ABON IKAN NILA (Oreochromis niloticus) DAN ABON IKAN LELE (Clarias gariepinus). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (341kB)
[img] Text
ii. BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)
[img] Text
iii. FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Diversifikasi hasil olahan perikanan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan nilai tambah (value added) dari ikan segar dan juga mengatasi sifat ikan yang mudah busuk (perishable food). Pengolahan abon ikan merupakan salah satu bentuk diversifikasi hasil olahan perikanan yang tergolong mudah dan sederhana yang dapat ditambahkan pada produk olahan. Penelitian dilakukan pada bulan Maret sampai Agustus 2023 di Laboratorium Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (TPHP) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta dan Laboratorium Dasar Universitas Bung Hatta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian abon ikan nila (Oreochromis niloticus) dan abon ikan lele (Clarias gariepinus) terhadap mutu kimia dan organoleptik pada lapek bugih. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Perlakuan yang dilakukan adalah (A) lapek bugih yang diberi abon ikan nila (Oreochromis niloticus) dan (B) lapek bugih yang diberi abon ikan lele (Clarias gariepinus). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji dua populasi (Uji T). Hasil menunjukkan ada pengaruh variasi pemberian abon ikan nila dan abon ikan lele terhadap uji mutu kimia dan mutu organoleptik lapek bugih. Kata kunci : Ikan, Abon, Diversifikasi, Lapek bugih, Mutu

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan
Depositing User: PSP FPIK
Date Deposited: 23 Aug 2023 04:08
Last Modified: 23 Aug 2023 04:08
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14596

Actions (login required)

View Item View Item