ANALISA KAPASITAS DAYA DUKUNG PONDASI TIANG BOR (BORED PILE) (Studi Kasus: Pembangunan Rumah Sakit Pendidikan Universitas Andalas)

ERWIN, JUNIANTO ZEBUA and Hendri, Warman and Yulcherlina, Yulcherlina (2017) ANALISA KAPASITAS DAYA DUKUNG PONDASI TIANG BOR (BORED PILE) (Studi Kasus: Pembangunan Rumah Sakit Pendidikan Universitas Andalas). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
34. Skripsi.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
34.COVER.PDF

Download (397kB)

Abstract

Rumah Sakit merupakan gedung dengan kategori resiko IV,untuk itu struktur bawah gedung Rumah Sakit saat direncanakan harus stabil dan aman. Seperti yang diketahui Indonesia merupakan salah satu negara yang rawan mengalami bencana, khususnya gempa bumi. Maka dalam merencanakan pondasi suatu bangunan perlu diperhatikan kapasitas daya dukung pondasi agar menghindari korban jiwa akibat kegagalan struktur bawah. Analisa kapasitas daya dukung pondasi tiang bor untuk perencanaan Rumah Sakit Pendidikan Universitas Andalas sebelumnya telah dihitung dengan metode Tomlinson. Tujuan penulisan ini untuk menganalisa daya dukung pondasi dan merencanakan dimensi penampang pondasi tiang bor, serta membandingkan hasil perhitungan dengan perhitungan sebelumnya. Perencanaan pondasi tiang bor dihitung berdasarkan gaya aksial dengan metode Mayerhof dan gaya lateral yang bekerja pada tiang dengan metode Broms. Dari kajian ini diperoleh besarnya daya dukung pondasi tiang, jumlah tiang pada tiap tiang kelompok dan penulangan pondasi. Berdasarkan hasil analisa, pondasi mampu menahan beban aksial dan lateral maksimun yang bekerja pada pondasi. Pondasi yang aman, efektif dan ekonomis yang dapat digunakan adalah pondasi kelompok sebanyak 2 tiang pertiang kelompok dengan diameter 80 cm dan kedalaman tiang 7 m. Perbedaan hasil perhitungan kapasitas daya dukung pondasi antara penulis dan perencana disebabkan oleh perbedaan metode yang digunakan. Kata kunci : pondasi, aksial , lateral

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 23 Aug 2023 08:36
Last Modified: 23 Aug 2023 08:36
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14754

Actions (login required)

View Item View Item