PENGEMBANGAN STRATEGI PENGELOLAAN WISATA KAMPUANG MINANG NAGARI SUMPUR DENGAN METODE ANALISIS SWOT (STENGTHS, WEAKNESSES, OPPORTUNITIES, AND THREATS)

Dea, Lara Putri and Nursyaifi, Yulius (2023) PENGEMBANGAN STRATEGI PENGELOLAAN WISATA KAMPUANG MINANG NAGARI SUMPUR DENGAN METODE ANALISIS SWOT (STENGTHS, WEAKNESSES, OPPORTUNITIES, AND THREATS). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I...pdf

Download (393kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (195kB)
[img] Text
SKRIPSI DEA LARA PUTRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kampuang Minang Nagari Sumpur terletak di Nagari Sumpur, Kecamatan Batipuh Selatan Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat tepatnya di sebelah utara Danau Singkarak yang di aliri oleh aliran Batang Sumpur. Dari sekian banyak rumah gadang yang ada terdapat 3 buah rumah gadang yang dijadikan homestay, akan tetapi faktor penyebab seperti pengunjung yang datang ketempat ini hanya diberikan pelayanan untuk menikmati kehidupan dinagari tersebut, fasilitas yang tersedia masih sangat minim dan kurangnya pemeliharaan serta aksesbilitas ketempat tersebut masih sangat sulit dijangka. Dalam penelitian ini dilakukan kajian tentang. Analisa Strategi Pengembangan dan Pegelolaan objek wisata dengan menggunakan Metode SWOT. Tujuan penelitian ini yaitu mengidentifikasi faktor internal dan eksternal. pada pengelolaan wisata Kampuang Minang Nagari Sumpur. Menentukan strategi pada pengembangan objek wisata Kampuang Minang Nagari Sumpur. Setelah dilakukan kajian tentang internal dan eksternal dengan menggunakan analisis SWOT, diperoleh hasil kekuatan 23,2595 kelemahan 10,7115 dan peluang 21,715 serta ancaman 7,13613 sehingga pada diagram kartesius menunjukan posisi berada di kuadran I yaitu artinya objek wisata Kampuang Minang Nagari Sumpur berada pada posisi cukup aman, dengan berbagai peluang yang ada didalam objek wisata tersebut dinilai dapat memanfaatkan peluang yang ada. Strategi ini yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth oriented strategy). Kata kunci: Pengelolaan Strategi, analisis SWOT, Relative Importance Index (RII)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Teknik Industri FTI
Date Deposited: 24 Aug 2023 06:37
Last Modified: 24 Aug 2023 06:37
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14768

Actions (login required)

View Item View Item