ANALISA PERHITUNGAN BIAYA PEKERJAAN ARSITEKTUR PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG KANTOR OTORITAS JASA KEUANGAN REGIONAL 7 SUMBAGSEL PALEMBANG

Andesli, Cici (2023) ANALISA PERHITUNGAN BIAYA PEKERJAAN ARSITEKTUR PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG KANTOR OTORITAS JASA KEUANGAN REGIONAL 7 SUMBAGSEL PALEMBANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER + BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV + DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
TA - CICI (ARS OJK).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

Tugas Akhir (TA) merupakan salah syarat kelulusan pada program studi Diploma III Teknik Ekonomi Kontruksi, Universitas Bung Hatta, Padang. TA ini membahas perhitungan arsitektur pada proyek pembangunan Gedung Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sumbagsel, Palembang, dimulai dari lantai 1 sampai dengan lantai 8. Tujuan TA adalah (1) Mengukur kuantitas pekerjaan arsitektur, (2) Mengestimasi Rencana Anggaran Biaya (RAB) pekerjaan arsitektur, (3) Menyusun rencana jadwal pelaksanaan (Time Schedule) pekerjaan arsitektur, (4) Menyusun aliran kas (Cashflow) pekerjaan arsitektur. Untuk mengukur kuantitas item pekerjaan arsitektur yang terdiri dari pekerjaan dinding, plafond, pekerjaan lantai, pekerjaan kusen, pintu dan jendela dan pekerjaan finishing, kuantitas diambil gambar kerja dan diukur langsung dengan bantuan aplikasi autocad/PlanSwift. RAB dihitung dengan merujuk pada Analisa Harga Satuan Pekerjaan yang dikeluarkan oleh Kementrian PUPR RI yaitu Permen PUPR No. 1 Tahun 2022 tentang pedoman penyusunan perkiraan biaya pekerjaan kontruksi bidang umum dan perumahan rakyat dan Peraturan Gurbernur Palembang No. 39 Tahun 2021 tentang standar harga satuan barang/jasa Pemerintah Provinsi Palembang tahun anggaran 2022. Sementara itu untuk harga satuan upah dan bahan diambil dari Peraturan Gurbernur Palembang No. 20 Tahun 2021 tentang standar harga satuan barang/jasa Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan tahun anggaran 2022. Rencana jadwal pelaksanaan pekerjaan disusun dengan menghitung bobot dan durasi pekerjaan masing-masing elemen serta mempertimbangkan metode pelaksanaan pekerjaan. Aliran kas disusun berdasarkan informasi proyek antara lain ; metode pembayaran (monthly progres), besaran uang muka (10%), retensi (5%), dan rencana durasi pekerjaan. 3. Total kebutuhan biaya yang diperlukan untuk pekerjaan arsitektur Adalah senilai Rp. 24.985.427.265,18 setelah ditambah pajak. Sementara biaya per meter persegi pekerjaan adalah Rp.1.879.819,08/m2 Dari rencana jadwal pelaksanaan pekerjaan diperoleh durasi selama 224 hari dan aliran kas menunjukkan keseimbangan antara kas masuk dan kas keluar. Kata Kunci : Perhitungan kuantitas, Analisa Biaya, Time Schedule, Cashflow.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Ekonomi Konstruksi
Depositing User: QS FTSP
Date Deposited: 25 Aug 2023 07:17
Last Modified: 25 Aug 2023 07:17
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14803

Actions (login required)

View Item View Item