Model Multi – Criteria Decision untuk Pemilihan Pemasok Material Perkerasan Lentur dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) (Studi kasus : perusahaan konstruksi/kontraktor jalan kelas menengah di provinsi sumatera barat)

Alhanza, Rizkian and Dwifitra, Y Jumas and Eva, Rita (2023) Model Multi – Criteria Decision untuk Pemilihan Pemasok Material Perkerasan Lentur dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) (Studi kasus : perusahaan konstruksi/kontraktor jalan kelas menengah di provinsi sumatera barat). Masters thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER - BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
KESIMPULAN - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)
[img] Text
7 Tesis alhanza rizkian 2110018312001.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Situasi saat ini bagi pelaku di dunia industri, khususnya kontruksi dihapdapkan dua pilihan yaitu bagaimana menentukan pendekatan biaya dan pemilihan pemasok material (material supplier) yang tepat. Material kontruksi merupakan komponen biaya utama dalam setiap proyek kontruksi. Penelitian ini dilakukan kepada pelaku kontruksi / kontraktor di bidang jalan dan jembatan wilayah provinsi sumatera barat. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bahan pertimbangan bagi perusahaan kontruksi dalam memilih pemasok yang tepat dengan mempertimbangkan berbagai macam kriteria, menentukan urutan skala prioritas kegiatan pemilihan pemasok bagi pelaku kontruksi/kontraktor, memberikan saran atau solusi untuk pemilihan pemasok perkerasan lentur bagi pelaku kontruksi di provinsi sumatera barat dengan menggunakan metode Analytic Hierarchy Process (AHP). Hasil penelitian menunjukkan kriteria dan sub kriteria dapat dijadikan saran atau solusi yaitu profil pemasok terdiri sertifikat dan surat izin usaha, tidak masuk dalam daftar hitam, nama dan alamat perusahaan yang jelas, modal, usia perusahaan, kinerja selama 5 tahun terakhir dan tahun ini, jumlah dan kualitas karyawan, dan jumlah klien dalam setahun catatan keselamatan terdiri pengambilan bahan material dengan penetapan ramah lingkungan, tersedianya pelatihan bagi karyawan baru, pentingnya penerapan k3 di lingkungan kerja, dan jumlah kecelakaan dalam 5 tahun terakhir dan pengiriman terdiri pengiriman tepat waktu, jarak pengiriman, pengiriman material sesuai dengan yang dipesan, dan jenis dan jumlah transportasi pengiriman. Dengan faktor profil pemasok dengan bobot 49,70% faktor catatan keselamatan 21,90% faktor pengiriman 11,70% faktor kualitas 6,80% faktor biaya 5,80% faktor layanan 4,10%. Kata Kunci : Perkerasan Lentur, Pemasok Material, Metode (AHP)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Arsitektur Magister
Date Deposited: 25 Aug 2023 06:43
Last Modified: 25 Aug 2023 06:43
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14816

Actions (login required)

View Item View Item