PENGARUH KONEKSI POLITIK, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP MANAJEMEN LABA DENGAN KOMISARIS INDEPENDEN SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Dyah, Aprilia and Yeasy, Darmayanti (2023) PENGARUH KONEKSI POLITIK, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP MANAJEMEN LABA DENGAN KOMISARIS INDEPENDEN SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER DLL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
KESIMPULAN, SARAN, DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (276kB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh koneksi politik, kepemilikan manajerial, dan kepemilikan institusional terhadap manajemen laba dengan komisaris independen sebagai variabel moderasi pada perusahaan manufaktur sektor consumer non cylicals yang terdaftar di BEI tahun 2018 – 2022. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu teknik purposive sampling, sehingga didapatkan sampel 17 perusahaan yang telah memenuhhi kriteria yang telah ditetapkan dengan jumlah pengamatan selama 5 tahun dan menghasilkan sebanyak 85 data observasi. Jenis data yang digunakan ialah kuantitatif yang bersumber dari data sekunder yang dapat diperoleh dari website resmi Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id). Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan Moderated Regression Analysis (MRA) yang diolah menggunakan program aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koneksi politik dan kepemilikan institusional berpengaruh negatif terhadap manajemen laba. Sedangkan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Didalam hasil pengujian hipotesis ditemukan juga bahwa dewan direksi dan dewan komisaris yang terhubung secara politik serta kepemilikan institusional berpengaruh negatif terhadap manajemen laba dengan komisaris independen mampu memoderasi hubungan tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Akuntansi FEB
Date Deposited: 28 Aug 2023 03:22
Last Modified: 28 Aug 2023 03:22
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14904

Actions (login required)

View Item View Item