PENGARUH PROFITABILITAS, OPINI AUDIT DAN PERGANTIAN AUDITOR TERHADAP AUDIT DELAY DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus pada Perusahaan Sektor Consumer Cyclicals yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2022)

Winda, Winda and Mukhlizul, Hamdi (2023) PENGARUH PROFITABILITAS, OPINI AUDIT DAN PERGANTIAN AUDITOR TERHADAP AUDIT DELAY DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus pada Perusahaan Sektor Consumer Cyclicals yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2022). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN,ABSTRAK,DAFTAR ISI DAN BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (931kB)

Abstract

Audit delay merupakan rentan waktu antara tanggal laporan keuangan tahun tutup buku (31 desember) dengan tanggal laporan keuangan auditan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti secara empiris pengaruh profitabilitas, opini audit, dan pergantian auditor terhadap audit delay dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari website www.idx.co.id . Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan sektor consumer cyclicals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2022. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Sampel yang diperoleh sebanyak 79 perusahaan. data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dan moderated regression analysis (MRA) dengan menggunakan bantuan software IBM SPSS versi 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas dan pergantian auditor berpengaruh positif terhadap audit delay. Sedangkan opini audit tidak berpengaruh signifikan terhadap audit delay. Ukuran perusahaan tidak mampu memoderasi pengaruh profitabilitas dan opini audit terhadap audit delay. Ukuran perusahaan mampu memoderasi pengaruh pergantian auditor terhadap audit delay. Kata Kunci: audit delay, profitabilitas, opini audit, pergantian auditor, ukuran perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Akuntansi FEB
Date Deposited: 28 Aug 2023 03:28
Last Modified: 28 Aug 2023 03:28
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14906

Actions (login required)

View Item View Item