PENGARUH KUALITAS AUDIT DAN KEPEMILIKAN PUBLIK TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK DENGAN VOLUNTARY DISCLOSURE SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Rika, Ramadani and Dandes, Rifa (2023) PENGARUH KUALITAS AUDIT DAN KEPEMILIKAN PUBLIK TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK DENGAN VOLUNTARY DISCLOSURE SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI DAN BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Agresivitas pajak merupakan kegiatan perencanaan pajak yang dilakukan oleh perusahaan dalam usaha mengurangi tingkat pajak yang efektif. Tindakan agresivitas pajak dapat dilakukan dengan dua cara yaitu secara illegal (tax evasion) dan secara legal (tax avoidance). Penelitian ini didorong oleh fenomena yang terjadi pada kasus PT Adaro yang melakukan praktik transfer pricing yang diartikan sebagai salah satu skema yang sangat rawan untuk dijadikan jalan pintas dalam memperoleh laba yang tergolong dalam penghindaran pajak (tax avoidance). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris pengaruh kualitas audit dan kepemilikan publik terhadap agresivitas pajak dengan voluntary disclosure sebagai pemoderasi. Penelitian ini menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling yang menghasilkan sebanyak 138 sampel perusahaan sektor energi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2020-2022. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder berupa annual report perusahaan yang diambil dari www.idx.co.id. Uji hipotesis yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis (MRA) dengan menggunakan SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas audit tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak sedangkan kepemilikan publik dan voluntary disclosure berpengaruh terhadap agresivitas pajak. Voluntary disclosure tidak berperan sebagai variabel pemoderasi hubungan antara kualitas audit dan kepemilikan publik terhadap agresivitas pajak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Akuntansi FEB
Date Deposited: 28 Aug 2023 03:33
Last Modified: 28 Aug 2023 03:33
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14934

Actions (login required)

View Item View Item