PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS KARAKTER PADA TEMA 4 BERBAGAI PEKERJAAN SUBTEMA 1 JENIS – JENIS PEKERJAAN UNTUK SISWA KELAS IV SD

Marda, Muckhliza and Yulfia, Nora and Ade, Sri Madona (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS KARAKTER PADA TEMA 4 BERBAGAI PEKERJAAN SUBTEMA 1 JENIS – JENIS PEKERJAAN UNTUK SISWA KELAS IV SD. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
53 MARDA MUCKHLIZA 1610013411045 Cover.pdf

Download (88kB)
[img] Text
53 MARDA MUCKHLIZA 1610013411045 Abstrak.pdf

Download (115kB)
[img] Text
53 MARDA MUCKHLIZA 1610013411045 BAB I.pdf

Download (148kB)
[img] Text
53 MARDA MUCKHLIZA 1610013411045 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] Text
53 MARDA MUCKHLIZA 1610013411045 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] Text
53 MARDA MUCKHLIZA 1610013411045 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
53 MARDA MUCKHLIZA 1610013411045 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] Text
53 MARDA MUCKHLIZA 1610013411045 Daftar Pustaka.pdf

Download (115kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis karakter pada kelas IV SD Negeri 08 Tanjung Medan yang memenuhi criteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4 –D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 dengan Tema 4 Berbagai Pekerjaan Subtema 1 Jenis – jenis Pekerjaan. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi, lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa) dan lembar efektifitas (soal pre test dan soal post test). Pada proses validasi, modul di validasi oleh 5 orang ahli materi, 1 orang ahli desain dan 1 orang ahli bahasa. Pada proses praktikalitas, modul di uji cobakan oleh 1 orang guru dan 25 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dikembangkan di peroleh rata – rata hasil validasi LKPD sebesar 87,5% dengan kriteria valid, pada praktikalitas LKPD di peroleh rata-rata sebesar 95,5% dengan kriteria sangat praktis dan pada efektifitas LKPD di peroleh rata – rata sebesar 0,81% dengan kriteria sangat efektif. Jadi, dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis karakter pada kelas IV SD telah valid, praktis dan efektif digunakan sebagai sumber belajar atau bahan ajar baik untuk siswa ataupun guru. Kata kunci: Tematik, LKPD, Karakter

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ahmad Elzuhri
Date Deposited: 01 Jul 2020 05:33
Last Modified: 01 Jul 2020 05:33
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/150

Actions (login required)

View Item View Item