STUDI ANALISIS KEMAMPUAN LIGHTNING ARRESTER SEBAGAI PROTEKSI TRANSFORMATOR DAYA PADA GARDU INDUK PADANG LUAR ULTG BUKITTINGGI

Yusriza, Putri Adilla and Yani, Ridal (2023) STUDI ANALISIS KEMAMPUAN LIGHTNING ARRESTER SEBAGAI PROTEKSI TRANSFORMATOR DAYA PADA GARDU INDUK PADANG LUAR ULTG BUKITTINGGI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER-BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (732kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (695kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Gardu induk memiliki peralatan yang sangat penting yaitu transformator, sehingga transformator harus dipasang suatu alat proteksi untuk meminimalisir gangguan. Gangguan tersebut diantaranya ialah gangguan tegangan lebih akibat dari surja petir. Peralatan proteksi yang dipasang ialah lightning arrester yang berfungsi untuk mengalirkan gangguan tegangan lebih yang disebabkan oleh sambaran petir langsung ke tanah, sehingga tidak merusak transformator. Penelitian ini berfokus pada peralatan gardu induk yaitu lightning arrester jenis tabung dengan merk Siemens dan memiliki type 3EPG 138-2PF31-2XA1-Z yang terhubung dengan transformator daya 60 MVA merk Unindo. Perlindungan yang baik diperoleh bila lightning arrester ditempatkan sedekat mungkin pada terminal transformator daya. Dengan perhitungan secara matematis untuk jarak maksimum panjang kawat saluran antara lightning arrester dan transformator daya yaitu sejauh 103,48 meter, sedangkan pada kenyataan dilapangan jarak panjang kawat saluran antara lightning arrester dengan transformator daya pada garduk induk Padang Luar 150 kV sejauh 51 meter, dan untuk hasil perhitungan jarak maksimum panjang kawat saluran antara lightning arrester dengan pemutus daya diperoleh nilai sejauh 127,45 meter, sedangkan jarak panjang kawat saluran antara lightning arrester dengan pemutus daya yang terpasang pada gardu induk padang luar 150 kV adalah 65 meter. Kata Kunci : Lightning Arrester, Transformator Daya, Surja Petir, Impedansi Surja, Arus Petir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Elektro
Depositing User: Teknik Elektro FTI
Date Deposited: 29 Aug 2023 03:12
Last Modified: 29 Aug 2023 03:12
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15049

Actions (login required)

View Item View Item