PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMP PERTIWI 2 PADANG

Sri, Wahyuni and Fazri, Zuzano (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMP PERTIWI 2 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI DAN BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (364kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (257kB)
[img] Text
FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tuntutan era globalisasi saat ini juga mengisyaratkan agar dalam belajar, peserta didik tidak hanya menerima dan meniru apa yang diberikan guru, tetapi juga secara aktif berbuat atas dasar kemampuan dan keyakinan sendiri. Sesuai dengan kurikulum merdeka guru untuk lebih kreatif dalam memberikan dan menyusun media pembelajaran sebagai salah satu bahan ajar yang digunakan. Masih rendahnya perhatian dan partisipasi peserta didik selama proses pembelajaran matematika. Media yang digunakan untuk pendukung pembelajaran hanya menggunakan buku paket Matematika kelas VII kurikulum merdeka dan pembelajaran masih terpusat pada guru. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) matematika berbasis konstruktivisme pada materi Segiempat kelas VII SMP Pertiwi 2 Padang. LKPD matematika berbasis konstruktivisme ini diharapkan dapat membantu peserta didik untuk pemahaman konsep dalam materi, serta guru disini dilibatkan sebagai fasilitator yang aktif untuk peserta didik. Tujuan dari penelitian adalah menghasilkan LKPD matematika berbasis konstruktivisme yang valid dan praktis pada materi bangun datar segiempat. Lembar kerja peserta didik merupakan media pembelajaran berupa lembar-lembar yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Lembaran-lembaran tersebut berisi tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik. Dalam penggunaan LKPD akan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk ikut aktif dalam proses pembelajaran dan memberikan kesempatan penuh kepada peserta didik untuk mengungkapkan kemampuan dalam mengembangkan proses berpikirnya. Untuk menunjang proses tersebut maka di perlukan LKPD yang didalamnya terdapat panduan untuk menunjang suatu proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau research & Development. Pada penelitian ini peneliti menggunakan prosedur penelitian oleh Borg and Gall. Data yang digunakan untuk menilai kevalidan media diperoleh dari lembar validasi oleh ahli karakteristik LKPD dan bahasa dan ahli desain, sedangkan data yang digunakan untuk menilai kepraktisan diperoleh dari lembar praktikalitas siswa. LKPD yang dikembangkan memuat materi bangun datar segiempat. penilaian validitas produk dilakukan oleh dua orang dosen dan dinyatakan valid digunakan dari aspek karakteristik LKPD, bahasa dan desain. Dan penilaian praktikalitas dari angket praktikalitas peserta didik pada tahap uji coba dengan kriteria praktikalitas sebesar 77.46% berdasarkan kemudahan dalam penggunaan, kemudahan dalam pemahaman, dan waktu yang diperlukan. Jadi dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis konstruktivisme dalam pembelajaran matematika kelas VII SMP Pertiwi 2 Padang ini valid dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan LKPD ini bisa digunakan sebagai media alternatif oleh tenaga pendidik, perlu dilakukannya penelitian lebih lanjut sampai ke tahap efektifitas karena penelitian ini hanya sampai tahap praktikalitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: PMAT FKIP
Date Deposited: 29 Aug 2023 03:27
Last Modified: 29 Aug 2023 03:27
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15090

Actions (login required)

View Item View Item