PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 13 PAYAKUMBUH

Alwawi, Santoso and Susi, Herawati (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 13 PAYAKUMBUH. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAN BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI ALWAWI SANTOSO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa SD Negeri 13 Payakumbuh dan kurangnya kemampuan siswa dalam berdiskusi untuk memecahkan suatu masalah secara berkelompok disebabkan karena kurangnya rasa ingin tahu siswa terhadap pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika melalui model kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) bagi siswa kelas V SD Negeri 13 Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilakukan dalam dua siklus, dimana satu siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 13 Payakumbuh dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang, yang terdiri dari 10 siswa laki- laki dan 10 siswa perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi kegiatan guru pada siklus I memperoleh rata-rata 100% dan pada siklus II memperoleh rata-rata 100%, sehingga hasil observasi kegiatan guru dikategorikan Sangat Baik. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebanyak 10 orang siswa (50%) tuntas, sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 10 orang siswa (50%). Siklus II persentase ketuntasan siswa sebanyak 17 orang siswa (85%) tuntas, sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 3 orang siswa (15%). Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi tentang penyajian data. Hal ini dapat dibuktikan dari peningkatan hasil belajar yang diperoleh oleh siswa pada siklus I dengan persentase 50% mengalami peningkatan menjadi 85% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 30 Aug 2023 02:41
Last Modified: 30 Aug 2023 02:41
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15215

Actions (login required)

View Item View Item