May Dona, Ulan and Diana, Kartika (2023) Modalitas Epistemik Kamoshiremasen Dan Deshou Pada Pidato Abe Shinzou Tentang Covid-19. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
PENUTUP.pdf Download (1MB) |
|
Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur dan makna serta mendeskripsikan persamaan dan perbedaan dari modalitas epistemik –kamoshiremasen dan –deshou yang ada pada 10 transkip pidato Abe Shinzou dalam konferensi pers tentang covid-19. Pada penelitian ini data dikumpulkan dengan cara studi pustaka dari laman website kantor kesekretarian Perdana Menteri Jepang yaitu www.kantei.go.jpg. Untuk menganalisis struktur dan makna modalitas epistemik tersebut menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sedangkan untuk menganalisis persamaan dan perbedaannya menggunakan metode agih. Sehingga, data disajikan dalam bentuk informal. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa modalitas epistemik –kamoshiremasen dan –deshou memiliki persamaan yaitu dapat melekat pada verba, adjektiva-i, adjektiva-na dan nomina serta dapat diletakkan di tengah dan akhir kalimat. Sedangkan perbedaannya Modalitas epistemik –kamoshiremasen menyatakan suatu kemungkinan dan pendapat secara umum dengan tingkat kepastian yang rendah sedangkan modalitas epistemik -deshou menyatakan suatu dugaan dan konfirmasi dengan tingkat kepastian tinggi. Selain itu, penelitian ini juga menemukan modalitas epistemik berupa informal yaitu kamoshirenai dan darou. Kata Kunci : Modalitas epistemik, Kamoshiremasen dan Deshou, Abe Shinzou, Covid-19
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang |
Depositing User: | SAJE FIB |
Date Deposited: | 30 Aug 2023 01:43 |
Last Modified: | 30 Aug 2023 01:43 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15259 |
Actions (login required)
View Item |