PENGARUH PRESSURE, RATIONALIZATION & OPPORTUNITY TERHADAP FINANCIAL FRAUD (Studi Empiris : Perusahaan Manufaktur Sektor Basic Materials yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2022)

Fadila, Aulia Fitri and Yeasy, Darmayanti (2023) PENGARUH PRESSURE, RATIONALIZATION & OPPORTUNITY TERHADAP FINANCIAL FRAUD (Studi Empiris : Perusahaan Manufaktur Sektor Basic Materials yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2022). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER,HALAMAN PENGESAHAN,ABSTRAK & BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (253kB)
[img] Text
KESIMPULAN,SARAN & DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (992kB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji tekanan, rasionalisasi dan peluang terhadap kecurangan laporan keuangan perusahaan manufaktur sektor basic materials yang terdaftar di BEI periode 2017-2022 dengan menggunakan metode Beneish M-score. Data dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh melalui perantara laporan yang dipublikasi di Bursa Efek Indonesia (BEI) ataupun website resmi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling berdasarkan kriteria yang telah ditentukan sebelumnya, yaitu dengan jumlah sampel 288 observasi yang diperoleh dari 48 perusahaan manufaktur sektor basic materials selama 6 tahun. Teknik dan analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan analisis regresi logistik dengan menggunakan sofware IBM SPSS statistik 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tekanan dan peluang berpengaruh terhadap kecurangan laporan keuangan. Sedangkan rasionalisasi tidak berpengaruh terhadap kecurangan laporan keuangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Akuntansi FEB
Date Deposited: 31 Aug 2023 02:10
Last Modified: 31 Aug 2023 02:10
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15312

Actions (login required)

View Item View Item