Pembentukan Kanyouku yang Berhubungan Dengan Nama Anggota Tubuh Berdasarkan Klasifikasi Maknanya Dalam Noverl Karya Akutagawa Ryunosuke

Ryan, Mahendra and Syahrial, Syahrial (2023) Pembentukan Kanyouku yang Berhubungan Dengan Nama Anggota Tubuh Berdasarkan Klasifikasi Maknanya Dalam Noverl Karya Akutagawa Ryunosuke. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
File 1.pdf

Download (6MB)
[img] Text
File 2.pdf

Download (617kB)
[img] Text
File 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kanyouku merupakan hasil dari penggabungan dua kata atau lebih yang saling terhubung dan tidak bisa diuraikan, yang secara keseluruhan memiliki makna yang berbeda. Dalam penelitian ini, peneliti membahas tentang makna kanyouku yang berhubungan dengan anggota tubuh terdapat dalam beberapa Novel karya Akutagawa Ryunosuke. Tujuannya yaitu mengetahui bagaimana pembentukan kanyouku tersebut dan klasifikasi maknanya. Teori yang digunakan adalah teori Yutaka Miyaji (1982) dan Inoue Muneo (1992). Miyaji membagi jenis kanyouku berdasarkan unsur pembentuknya. Kemudian Inoue Muneo membagi kanyouku berdasarkan klasifikasi maknanya. Tahapan analisis dimulai dengan menganalisis frasa berdasarkan makna leksikal dan makna idiomatikal. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dari sumber data dengan cara menyimak data berupa audio dan selanjutnya dibantu dengan teknik lanjutan berupa teknik catat yaitu dengan mencatatnya sebagai instrument penelitian. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa banyak ditemukan kanyouku kata benda yang diikuti kata kerja sebanyak 26 kanyouku karena di dalam novel tersebut banyak menceritakan tindakan dan situasi dan juga emosi. Kemudian dari segi pembentukannya, ada 10 kanyouku yang bisa dipakai secara makna leksikal maupun idiomatikal tergantung konteksnya. Lalu dari segi pembetukannya pula, ada juga yang hanya memiliki makna idiomatikalnya saja sebanyak 20 kanyouku. Selanjutnya berdasarkan klasifikasi maknanya, banyak ditemukan klasifikasi makna idiom yang menyatakan indera, perasaan dan juga yang menyatakan kondisi, tingkatan, nilai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang
Depositing User: SAJE FIB
Date Deposited: 30 Aug 2023 07:48
Last Modified: 30 Aug 2023 07:48
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15314

Actions (login required)

View Item View Item