PELAKSANAAN PERALIHAN HAK ATAS TANAH TERHADAP HARTA PENINGGALAN ORANG TUA BAGI ANAK DI BAWAH UMUR (STUDI KASUS DI NAGARI MALAMPAH, KABUPATEN PASAMAN)

Muhammad Farhan, Farhan and Adri, Adri (2023) PELAKSANAAN PERALIHAN HAK ATAS TANAH TERHADAP HARTA PENINGGALAN ORANG TUA BAGI ANAK DI BAWAH UMUR (STUDI KASUS DI NAGARI MALAMPAH, KABUPATEN PASAMAN). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER DLL.pdf

Download (474kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB IV PENUTUP.pdf

Download (105kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)
[img] Text
Skripsi Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (651kB)

Abstract

Peralihan Hak Atas Tanah tidak dapat dilakukan sendiri oleh anak dibawah umur karena tidak adanya kecakapan yang dimiliki oleh seorang anak sebagai subjek hukum dalam melakukan perbuatan hukum tersebut. Seperti diatur dalam pasal 330 KUHPerdata tentang anak yang cakap di dalam hukum adalah anak yang berumur 21 tahun atau sudah pernah menikah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1). Bagaimana pelaksanaan peralihan hak atas tanah terhadap harta peninggalan orang tua bagi anak di bawah umur? 2). Apakah kendala dan upaya pelaksanaan peralihan hak atas tanah bagi harta peninggalan orang tua bagi anak di bawah umur? Penulis menggunakan metode penelitian yuridis sosiologis, dengan sumber data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data, secara studi dokumentasi dan wawancara, serta dianalisa secara analisis kualitatif. Simpulan: 1). Pelaksanaan Peralihan hak atas tanah oleh anak di bawah umur pada dasarnya dapat dilakukan dengan cara menunjuk seorang wali untuk mewakili anak di bawah umur untuk melakukan perbuatan hukum. 2). Upaya dari pengadilan adalah menetapkan anak sebagai ahli waris orang tuanya dan apabila harta dari orang tuanya akan dialihkan maka pengadilan juga menunjuk seoraang wali untuk mewakili anak dibawah umur melakukan perbuatan hukum. Kata Kunci : Peralihan Hak Atas Tanah, Harta Peninggalan, Anak di bawah umur

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 31 Aug 2023 02:00
Last Modified: 31 Aug 2023 02:00
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15350

Actions (login required)

View Item View Item