PERTIMBANGAN HAKIM DALAM PENJATUHAN PIDANA TERHADAP TINDAK PIDANA PERSETUBUHAN DALAM PERKARA PIDANA (Studi Kasus:Putusan No.989/Pid.Sus/2021/PN.Bdg)

Rezti Fani, Fani and Syafridatati, Syafridatati (2023) PERTIMBANGAN HAKIM DALAM PENJATUHAN PIDANA TERHADAP TINDAK PIDANA PERSETUBUHAN DALAM PERKARA PIDANA (Studi Kasus:Putusan No.989/Pid.Sus/2021/PN.Bdg). Diploma thesis, Universittas Bung Hatta.

[img] Text
COVER DLL.pdf

Download (843kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB IV PENUTUP.pdf

Download (38kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (32kB)
[img] Text
skripsi fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pasal 81 ayat 1, ayat 2, ayat 5 jo Pasal 76D UU RI Nomor 17 Tahun 2016 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang No. 1 Tahun 2016 Tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak menjadi Undang-Undang Jo Pasal 65 ayat 1 KUHP. Sebagaimana dalam kasus HW sebagai seorang pendidik dimana seorang guru atau pendidik telah dengan sengaja melakukan kekerasan atau ancaman kekerasan memaksa, melakukan tipu muslihat, melakukan serangkaian kebohongan, atau membujuk anak untuk melakukan dan membiarkan dilakukan perbuatan kekerasan memaksa anak melakukan persetubuhan dengannya yang dilakukan si guru menimbulkan korban lebih dari 1 (satu) orang. Rumusan masalah 1) Bagaimanakah pertimbangan hakim dalam menjatuhkan pidana terhadap tindak pidana persetubuhan yang dilakukan oleh pendidik? 2) Bagaimanakah penerapan pidana terhadap tindak pidana persetubuhan yang dilakukan oleh pendidik? Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis normatif. Teknik pengumpulan data adalah melalui studi dokumen,mengumpulkan data, jenis data adalah data sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer, sekunder,tersier dan dianalisi secara kualitatif. Berdasarkan penelitian disimpulkan bahwa: 1) Pertimbangan hakim dalam menjatuhkan pidana adalah berdasarkan pertimbangan yuridis dan pertimbangan non yuridis. 2)Penerapan pidana yaitu hukuman pidana penjara seumur hidup. Kata Kunci : Penerapan Pidana, Persetubuhan, Pendidik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 31 Aug 2023 06:20
Last Modified: 31 Aug 2023 06:20
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15425

Actions (login required)

View Item View Item