PENGARUH GENDER DEWAN KOMISARIS, KEAHLIAN KEUANGAN KOMITE AUDIT DAN INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN

Indah, Amelia Putri and Zaitul, Zailtul (2023) PENGARUH GENDER DEWAN KOMISARIS, KEAHLIAN KEUANGAN KOMITE AUDIT DAN INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI DAN PENDAHULUAN.pdf

Download (525kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN, SARAN, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[img] Text
FULLTEKS_SKRIPSI_INDAHAMELIAPUTRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Gender Dewan Komisaris, Keahlian Keuangan Komite Audit dan Intellectual Capital terhadap Kecurangan Laporan Keuangan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor Barang Baku yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2018-2022 sebanyak 73 perusahaan. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 100 sampel yang terdiri dari 20 perusahaan yang memenuhi kriteria penentuan sampel. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa Annual Report dan Laporan Keuangan tahunan yang diperolah dari website Bursa Efek Indoesia (idx.co.id). Metode analisis data yang digunakan pada penelitian adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi logistik dengan menggunakan aplikasi SPSS 26. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa variabel Gender Dewan Komisaris, Keahlian Keuangan Komite Audit tidak berpengaruh terhadap Kecurangan Laporan Keuangan, variabel Intellectual Capital berpengaruh terhadap Kecurangan Laporan Keuangan. Dan untuk variabel kontrol Leverage, Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan dan Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap Kecurangan Laporan Keuangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Akuntansi FEB
Date Deposited: 01 Sep 2023 01:26
Last Modified: 01 Sep 2023 01:26
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15462

Actions (login required)

View Item View Item