PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK SMP N 1 TIMPEH KABUPATEN DHARMASRAYA

Dina Ramadianti, Pratiwi and Muslim, Muslim (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK SMP N 1 TIMPEH KABUPATEN DHARMASRAYA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (480kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA-1.pdf

Download (80kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya masalah yang terdapat di sekolah kurangnya kedisiplinan bagi peserta didik, adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kedisiplinan dan upaya meningkatkan kedisiplinan peserta didik dalam menaati tata tertib sekolah dan untuk melihat peran guru dalam meningkatkan kedispinan siswa SMP Negeri 1 Timpeh Kabupaten Dharmasraya, Tingginya tingkat kedisiplinan peserta didik SMP Negeri 1 Timpeh Kabupaten Dharmasraya, disebabkan karena tingginya motivasi yang diberikan pendidik terhadap peserta didik tentang pentingnya kedisiplinan. Selain itu adanya pemberian sanksi terhadap peserta didik yang melakukan pelanggaran atau tidak mematuhi tata tertib juga menjadi faktor pendorong peserta didik agar senantiasa menanamkan sikap disiplin. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dan dalam mengumpulkan data menggunakan metode observasi, kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) SMP Negeri 1 Timpeh Kabupaten Dharmasraya, sudah cukup baik namun masih tetap perlu diadakan upaya peningkatan karena berbagai pelanggaran tata tertib peserta didik masih ada walaupun hanya merupakan pelanggaran kecil.(2) Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik SMP Negeri 1 Timpeh Kabupaten Dharmasraya adalah dengan cara dibimbing. Bimbingan merupakan sebuah bentuk layanan yang bisa diterapkan pada pembelajaran PPKn dan lebih di optimalkan. Berdasarkan data tersebut dapat dapat disimpulkan bahwa Kedisiplinan siswa di SMP Negeri 1 Timpeh Kabupaten Dharmasraya termasuk kategori Baik atau Layak. Kata Kunci : Peran Guru PPKn, Kedisplinan Peserta Didik,PPKn.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: PPKn FKIP
Date Deposited: 01 Sep 2023 01:21
Last Modified: 01 Sep 2023 01:21
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15467

Actions (login required)

View Item View Item