PENERAPAN RESTORATIVE JUSTICE DALAM TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA OLEH REMAJA DI KOTA PADANG (Studi Kejaksaan Negeri Padang)

Rizki, Maskulin and Uning, Pratimaratri (2023) PENERAPAN RESTORATIVE JUSTICE DALAM TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA OLEH REMAJA DI KOTA PADANG (Studi Kejaksaan Negeri Padang). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
FILE 1.pdf

Download (760kB)
[img] Text
FILE 2.pdf

Download (312kB)
[img] Text
FILE FULL TEXT RIZKI MASKULIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (830kB)

Abstract

Indonesia negara hukum, segala tindakan warga negara harus sesuai dengan aturan yang berlaku. Namun belakangan ini memprihatinkan melihat generasi muda yang mengkonsumsi narkotika yang merugikan dirinya, keluarga, masyarakat bahkan negara. Keadilan restorative diatur dalam Pedoman Kejaksaan Nomor 18 Tahun 2021 tentang Penyelesaian Penanganan Perkara Tindak Pidana Penyalahgunaan Narkotika Melalui Rehabilitasi Dengan Pendekatan Keadilan Restoratif. Salah satu kasus yang diselesaikan dengan keadilan restoratif oleh Kejaksaan Negeri Padang melibatkan 3 orang remaja berstatus mahasiswa, yang merupakan penyalahguna narkotika. Rumusan Masalah: 1)Bagaimanakah penerapan restorative justice dalam penanganan tindak pidana narkotika yang dilakukan oleh remaja di Kota Padang? 2) Apa saja hambatan Kejaksaan Negeri Padang dalam menerapkan restorative justice terhadap tindak pidana penyalahgunaan narkotika oleh remaja di Kota Padang? Penelitian ini menggunakan pendekatan hukum sosiologis. Sumber data yang digunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dan studi dokumen. Data dianalisa secara kualitatif. Hasil penelitian: 1)Penerapan restorative justice dalam penanganan tindak pidana narkotika yang dilakukan oleh remaja di Kota Padang dilakukan ekspose ke Kejaksaan Agung, tersangka direhabilitasi dirumah sakit HB Saanin Padang. 2)Hambatan Kejaksaan Negeri Padang dalam menerapkan restorative justice terhadap tindak pidana penyalahgunaan narkotika oleh remaja di Kota Padang, banyaknya persiapan administrasi, lambatnya hasil asesmen, lambatnya persetujuan dari pusat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 04 Sep 2023 01:38
Last Modified: 04 Sep 2023 01:38
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15583

Actions (login required)

View Item View Item