ANALISIS YURIDIS DALAM PENGEMBANGAN KONSEP NET ZERO EMISSIONS DAN PENANGGULANGAN PERUBAHAN IKLIM DITINJAU DARI PARIS AGREEMENT 2015 DAN IMPLEMENTASINYA DI INDONESIA

Raja Akbar Maulana, Firdaus and Narzif, Narzif (2023) ANALISIS YURIDIS DALAM PENGEMBANGAN KONSEP NET ZERO EMISSIONS DAN PENANGGULANGAN PERUBAHAN IKLIM DITINJAU DARI PARIS AGREEMENT 2015 DAN IMPLEMENTASINYA DI INDONESIA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover Raja Akbar.pdf

Download (689kB)
[img] Text
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (541kB)
[img] Text
BAB IV Simpulan dan Saran.pdf

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (434kB)
[img] Text
Fulltext Raja Akbar Maulana Firdaus Universitas Bung Hatta.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pada abad ke-21 ini, permasalahan mengenai perubahan iklim memberikan dampak yang signifikan bagi negara-negara di dunia, termasuk Indonesia. Perubahan iklim memengaruhi berbagai sektor kehidupan manusia. Salah satu penyebab utama perubahan iklim yakni adanya kenaikan emisi. Dalam menghadapi perubahan iklim, Indonesia meratifikasi perjanjian internasional yaitu Paris Agreement 2015 melalui Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2016 tentang Pengesahan Paris Agreement To The United Nations Framework Convention On Climate Change. Paris Agreement 2015 mengatur mengenai tujuan penanggulangan terhadap perubahan iklim. Tujuan Paris Agreement 2015 adalah untuk menerapkan konsep net zero emissions untuk menjaga suhu rata-rata global di bawah 2°Celsius dari tingkat pra-industri. Rumusan Masalah (1) Bagaimanakah pengaturan net zero emissions menurut Paris Agreement 2015 di Indonesia? (2) Bagaimanakah Pengaturan mengenai Perubahan Iklim menurut Paris Agreement 2015 dan Implementasinya Di Indonesia?. Metode penelitian yang digunakan yaitu yuridis normatif, dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif yang merupakan penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang menggambarkan, menjelaskan dan menelaah suatu peraturan hukum yang memiliki kausalitas dengan judul penelitian. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) Pengaturan net zero emissions diatur dalam Paris Agreement 2015 yang bertujuan untuk mengurangi emisi, (2) Indonesia mengimplementasikan Paris Agreement 2015 mengenai net zero emissions melalui kebijakan hukum nasional, (3) Indonesia mengimplementasikan Paris Agreement 2015 mengenai perubahan iklim melalui kebijakan adaptasi terhadap perubahan iklim.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 04 Sep 2023 02:36
Last Modified: 04 Sep 2023 02:36
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15607

Actions (login required)

View Item View Item