Prevalensi, Intensitas Dan Dominasi Ektoparasit Udang Vannamei (Litopenaeus vannamei) Pada Tambak Udang Di Nagari Manggopoh, Kecamatan Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman.

Oktarina, Oktarina and Drs. Nawir Muhar, M.Si, Drs. Nawir Muhar, M.Si (2023) Prevalensi, Intensitas Dan Dominasi Ektoparasit Udang Vannamei (Litopenaeus vannamei) Pada Tambak Udang Di Nagari Manggopoh, Kecamatan Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Oktarina Skripsi (Full text).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Cover dan Bab I Oktarina.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab V dan Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

OKTARINA. NPM 1910016111006. INTENSITAS DAN PREVALENSI EKTOPARASIT UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei) PADA TAMBAK UDANG DI NAGARI MANGGOPOH DAN NAGARI TIRAM TAAKIS, KECAMATAN ULAKAN TAPAKIS, KABUPATEN PADANG PARIAMAN. DIBIMBING OLEH Drs. NAWIR MUHAR, M. Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Jenis, Prevalensi, Intensitas dan Dominasi Ektoparasit pada udang vaname (Litopenaeus vannamei) pada tambak udang Di Nagari Manggopoh Palak Gadang dan Nagari Tiram Tapakis, Kecamatan Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli-Agustus 2023, bertepatan di Nagari Manggopoh dan Nagari Tiram Tapakis serta Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM), Padang. Metode penelitian ini adalah metode Observasi dan untuk menetapkan stasiun pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling berdasarkan letak tambak udang di Nagari Manggopoh Palak Gadang dan Nagari Tiram Tapakis yaitu tambak yang berjarak 160 m dari sempadan pantai dan dekat dengan daerah pertanian, tambak berhadapan dengan laut dan dikelilingan oleh tumbuhan kelapa dan tambak berhadapan dengan laut serta merupakan lahan bekas mangrove, nipah dan ketapang. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat 3 jenis Ektoparasit yang menyerang udang vaname (Litopenaeus vannamei) yaitu Epistylis sp., Zootamnium sp., dan Vorticella sp. stasiun I memperoleh tingkat prevalensi 80% (Infeksi sedang) dan tingkat intensitas 21 (sedang), stasiun II memperoleh tingkat prevalensi 100% (Infeksi parah) dan tingkat intensitas 69 (parah) dan stasiun III memperoleh tingkat prevalensi 60% (Infeksi sering) dan tingkat intensitas 2,7 (rendah). Tingkat dominasi pada udang vaname yaitu Epistylis sp. dengan tingkat dominasi 51,67%. kata kunci : Udang vaname, intensitas, prevalensi, ektoparasit

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Budidaya Perairan
Depositing User: BDP FPIK
Date Deposited: 04 Sep 2023 04:07
Last Modified: 04 Sep 2023 04:07
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15680

Actions (login required)

View Item View Item