TINDAK TUTUR ILOKUSI DAN KESANTUNAN BERBAHASA DALAM KASUS FERDY SAMBO PADA ACARA INDONESIA LAWYERS CLUB (ILC) DI YOUTUBE DAN ACARA ROSI DI KOMPAS TV

Gustia, Mufida Maryamah and Morelent, Yetty and Marsis, Marsis (2023) TINDAK TUTUR ILOKUSI DAN KESANTUNAN BERBAHASA DALAM KASUS FERDY SAMBO PADA ACARA INDONESIA LAWYERS CLUB (ILC) DI YOUTUBE DAN ACARA ROSI DI KOMPAS TV. Masters thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI DAN PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN, SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (384kB)
[img] Text
TESIS MUFIDA FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Tindak tutur merupakan salah satu fenomena berbahasa yang berkenaan dengan pemakaian bahasa dalam konteks kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran tindak tutur ilokusi dan kesantunan berbahasa dalam kasus Ferdy Sambo pada acara Indonesia Lawyers Club (ILC) di Youtube dan acara Rosi di Kompas TV. Teori inti yang digunakan dalam penelitian ini adalah hakikat bahasa (Chaer 2010), konteks (Nadar 2008), Tindak tutur (Suandi 2014), tindak tutur ilokusi (Rohmadi 2017), kesantunan berbahasa (Jumanto 2017), skala kesantunan berbahasa dan penyebab ketidaksantunan berbahasa (Chaer 2010). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini didapat dari dokumen rekaman acara Indonesia Lawyes Club (ILC) yang ditayangkan dalam kanal Youtube Indonesia Lawyers Club (ILC) dan dari dokumen tayangan ulang acara Rosi di kanal Youtube Kompas TV yang membahas kasus Ferdy Sambo. Teknik pengumpulan data adalah teknik Simak Bebas Libat Cakap (SBLC) dan teknik catat. Pengujian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data adalah menentukan data, mengelompokkan dan mengklasifikasi data, menjelaskan data, menginterpretasi data, dan mendeskripsikan data. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa tindak tutur ilokusi yang dominan pada acara Indonesia Lawyers Club (ILC) dan acara Rosi di Kompas TV yaitu tindak tutur asertif jenis mengatakan, pematuhan prinsip kesantunan berbahasa yang dominan yaitu maksim kebijaksanaan, dan pelanggaran kesantunan yang dominan yaitu maksim pujian. Persamaan acara Indonesia Lawyers Club di Youtube dan acara Rosi di Kompas TV ditemukan tindak tutur asertif jenis menyatakan, pematuhan maksim kebijaksanaan, dan pelanggaran maksim pujian sama-sama mendominasi kedua acara tersebut. Perbedaan acara Indonesia Lawyers Club di Youtube dan acara Rosi di Kompas TV yaitu ditemukan kelima jenis tindak tutur ilokusi pada acara Indonesia Laywers Club di Youtube, sedangkan pada acara Rosi di Kompas TV hanya ditemukan tiga jenis tindak tutur ilokusi. Dari segi kesantunan, pembawa acara pada acara Indonesia Lawyers Club di Youtube lebih santun daripada pembawa acara pada acara Rosi di Kompas TV. Berdasarkan hasil temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa ditemukan tindak tutur ilokusi dan pematuhan serta pelanggaran maksim kesantunan pada acara Indonesia Lawyers Club di Youtube dan acara Rosi di Kompas TV.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: PINDO FKIP
Date Deposited: 04 Sep 2023 05:49
Last Modified: 04 Sep 2023 05:49
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15694

Actions (login required)

View Item View Item