PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENJATUHKAN PUTUSAN TERHADAP KASUS TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA OLEH ANGGOTA TNI (Studi Kasus Putusan Pengadilan Militer I-03 Padang Nomor 37-K/PM I-03/AU/V/2022)

Midianis, sulistra and Syafridatati, Syafridatati and Febrina, Annisa (2023) PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENJATUHKAN PUTUSAN TERHADAP KASUS TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA OLEH ANGGOTA TNI (Studi Kasus Putusan Pengadilan Militer I-03 Padang Nomor 37-K/PM I-03/AU/V/2022). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
FUUL SKRIPSI MIDIANIS SULISTRA-1-18.pdf

Download (367kB)
[img] Text
FUUL SKRIPSI MIDIANIS SULISTRA-106-111.pdf

Download (183kB)
[img] Text
FUUL SKRIPSI MIDIANIS SULISTRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (721kB)

Abstract

Tindak pidana pemyalahgunaan narkotika diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Permasalahan dalam penelitian ini bagaimanakah penerapan pidana dan pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan terhadap kasus tindak pidana penyalahgunaan narkotika oleh anggota TNI. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis normative. Analisis data menggunakan analisis deskritif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan penetapan pidana terhadap tindak pidana penyalahgunaan narkotika oleh anggota TNI telah didakwakan oleh Oditur Militer dengan dakwaan Tunggal sesuai Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Sebagaimana hakim memutuskan sesuai tuntutan Oditur Militer dengan menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan Pidana Pokok berupa Penjara selama 1 (satu) tahun 3 (tiga) bulan.Pertimbangan hakim dalam memutuskan perkara pada Putusan Pengadilan telah sesuai dengan fakta-fakta hukum yang mempertimbangkan dakwaan Tunggal sebagaimana diatur dalam pasal 127 Ayat (1) huruf a tersebut yang berdasarkan pertimbangan hakim yang bersifat yuridis yang pembuktian terdapat dalam pasal 184 KUHAP. Kata Kunci : Pertimbangan Hakim, Tindak Pidana, Narkotika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 04 Sep 2023 07:01
Last Modified: 04 Sep 2023 07:01
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15706

Actions (login required)

View Item View Item