ANALISIS KRIMINOLOGI TERHADAP PELAKU AKSI BALAP LIAR DI WILAYAH HUKUM KOTA PADANG (STUDI KASUS DI KEPOLISIAN RESOR KOTA PADANG)

Wabili, Makmur and Rianda, Seprasia (2023) ANALISIS KRIMINOLOGI TERHADAP PELAKU AKSI BALAP LIAR DI WILAYAH HUKUM KOTA PADANG (STUDI KASUS DI KEPOLISIAN RESOR KOTA PADANG). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
file i Wabili Makmur.pdf

Download (839kB)
[img] Text
file ii Wabili Makmur.pdf

Download (49kB)
[img] Text
full text skripsi Wabili Makmur.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Balap liar merupakan adu kecepatan dengan sepeda motor yang dilakukan di tempat-tempat umum. Pelanggaran mengenai balap liar diatur dalam Pasal 115 Huruf b jo Pasal 297 Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Peranan kepolisian sangat dibutuhkan dalam menangani kasus balap liar di Kota Padang, di wilayah Kepolisian Resor Kota Padang, kegiatan atau aksi balap liar sering terjadi dibeberapa wilayah diantaranya di jalan Bypass Dan jalan Khatib Sulaiman. Rumusan masalah: 1) Apakah faktor-faktor penyebab terjadinya aksi balap liar diwilayah hukum Kepolisian Resor Kota Padang?, 2) Bagaimanakah upaya Kepolisian Resor Kota Padang dalam penanggulangan balap liar di Kota Padang?. Jenis penelitian yuridis empiris. Sumber data dalam penelitian ini sumber data primer dan sumber data sekunder, Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen, data dianalisis secara kualitatif. Simpulan: 1) faktor-faktor penyebab terjadinya aksi balap liar di wilayah hukum Kepolisian Resor Kota Padang yaitu faktor lingkungan, teknologi, keluarga, taruhan/judi/ fasilitas, ekonomi, individu, ketidak patuhan terhadap lalu lintas dan ketidakberdayaan pihak keamanan dalam mengatasi balap liar, 2) Sedangkan upaya Kepolisian Resor Kota Padang dalam penanggulangan aksi balap liar di kota padang yaitu dengan upaya pre-emtif, preventif dan upaya represif. Kata Kunci: Kriminologi, Pelaku, Balap Liar, Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 05 Sep 2023 01:12
Last Modified: 05 Sep 2023 01:12
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15741

Actions (login required)

View Item View Item