PENGARUH PROFITABILITAS DAN PERTUMBUHAN ASET TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN DENGAN STRUKTUR MODAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2021)

Suci, Oktavia and Listiana, Sri Mulatsih (2023) PENGARUH PROFITABILITAS DAN PERTUMBUHAN ASET TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN DENGAN STRUKTUR MODAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2021). Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
Bab Pendahuluan.pdf

Download (650kB)
[img] Text
Kesimpulan Saran.pdf

Download (285kB)
[img] Text
SKRIPSI Suci Oktavia Finish.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kebijakan dividen merupakan keputusan perusahaan mengenai pembagian laba kepada pemegang saham sebagai dividen atau penahanan laba berupa laba ditahan untuk berinvestasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh profitabilitas dan pertumbuhan aset terhadap kebijakan dividen dengan struktur modal sebagai variabel intervening pada Perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di bursa efek Indonesia periode 2017-2021. Metode penarikan sampel menggunakan sampel jenuh. Jumlah sampel akhir yang layak di observasi yaitu 44 perusahaan dengan total sampel sebanyak 72 perusahaan. Analisis digunakan dengan menggunakan analisis regresi data panel dengan program STATA. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebijakan dividen. Variabel pertumbuhan aset memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap kebijakan dividen. Variabel profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap struktur modal. Variabel pertumbuhan aset berpengaruh negatif dan signifikan terhadap struktur modal. KATA KUNCI: Kebijakan Dividen, Profitabilitas, Pertumbuhan Aset, Struktur Modal

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Manajemen FEB
Date Deposited: 05 Sep 2023 01:17
Last Modified: 05 Sep 2023 01:17
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15773

Actions (login required)

View Item View Item