STUDI KELAYAKAN PENGEMBANGAN BANDAR UDARA DEPATI PARBO KERINCI

Amri, Kurniyadi and Rini, Mulyani and Khadavi, Khadavi (2023) STUDI KELAYAKAN PENGEMBANGAN BANDAR UDARA DEPATI PARBO KERINCI. Masters thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Bagian 1 Cover Tesis, Lbr Pengesahan dan Bab I.pdf

Download (334kB)
[img] Text
Bagian 2 Kesimpulan dan Saran.pdf

Download (39kB)
[img] Text
Bagian 3 Full Tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Transportasi udara sebagai salah satu sub sektor transportasi yang termuda telah menunjukkan perkembangan yang demikian pesat. Kemajuan di bidang penerbangan telah merubah wajah dan peta perkembangan perekonomian, mobilitas penduduk, dan pembangunan secara luas. pembangunan bandar udara memberi dampak sosial ekonomi bagi kehidupan masyarakat ke depannya, baik secara positif maupun negatifUntuk menunjang sektor pariwisata saat ini, Kabupaten Kerinci telah memiliki sebuah bandar udara yang bernama Depati Parbo Pada saat ini terdapat wacana untuk pengembangan bandar udara ini, khususnya dari pemerintah setempat, tetap dianggarkan dari APBN dan APBD baik kabupaten maupun provinsi. studi kelayakan atau feasibility study merupakan suatu penelitian yang dilakukan untuk menentukan apakah suatu proyek layak atau tidak untuk dilaksanakan. Studi ini merupakan jalan untuk meminimalkan terjadinya penghamburan biaya proyek di masa yang akan datang.Fokus utama pada penelitian ini adalah mengidentifikasi parameter aspek teknis aspek finansial dan bagaimana hubungannya terhadap tata ruang regional. Metodologi yang digunakan adalah metode gabuangan (kualitatif dan kuantitatif) dimulai dari observasi studi literatur dan wawancara. Dari segi aspek teknis, yaitu aspek kebencanaan Bandara Depati Parbo berada pada zona rawan gempa bumi upaya mitigasi yang bisa dilakukan adalah mengevaluasi dan merenovasi struktur bangunan agar memiliki ketahanan terhadap bencana gempa bumi, dari segi Rencana Tata Ruang Wilayah baik provinsi maupun kabupaten pengembangan Bandara Depati Parbo sudah sesuai dengan tata guna lahan, rencana struktur ruang, kemudian dari segia aspek kebandarudaraan Pengembangan Bandara Depati Parbo sudah sesuai dengan undang-undang nomor 1 tahun 2009 tentang penerbangan dan sudah sesuai dengan keputusan menteri perhubungan nomor 166 tahun 2019 tentang tatanan kebandarudaraan nasional, selanjutnya dari segi aspek finansial diperoleh nilai NPV Rp.12.441.161.179,80 (NPV > 0 bandara layak untuk dikembangkan), dengan catatan perluadanya optimalisasi pendapatan bandara BCR 9,70 (BCR ≥ 1 bandara layak untuk dikembangkan) IRR 41% MARR 12% (IRR>MARR bandara layak dikembangkan) secara keseluruahan dinyatakan “layak secara teknis dan finansial” Kata kunci : Studi Kelayakan, Aspek Teknis, Aspek Finansial

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil Magister
Date Deposited: 05 Sep 2023 08:00
Last Modified: 05 Sep 2023 08:00
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15846

Actions (login required)

View Item View Item