PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS XI MAN 2 TANAH DATAR

Nurul, Adila and Yusri, Wahyuni (2023) PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS XI MAN 2 TANAH DATAR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan karena pada proses pembelajaran matematika masih berpusat pada guru dan pada saat proses pembelajaran berlangsung, ada beberapa siswa yang tidak memperhatikan guru menjelaskan materi dan disaat guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya, hanya beberapa siswa yang mau bertanya dan siswa yang lain lebih banyak diam seolah-olah mereka sudah menguasai materi yang telah disampaikan, sehingga hal tersebut berdampak pada hasil Penilaian Harian (PH) yang masih banyak kurang dari KKM. Untuk mengatasi permasalahan ini, salah satu upaya yang dapat dilakukan dengan menerapkan teknik pembelajaran Problem Solving. Dalam penerapan teknik pembelajaran Problem Solving, pembelajaran matematika berpusat pada pemecahan masalah yang dilaksanakan dengan berdiskusi bersama teman sekelompoknya. Dengan diterapkannya teknik pembelajaran ini dapat termotivasi dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan teknik pembelajaran Problem Solving lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran biasa pada kelas XI MAN 2 Tanah Datar. Hipotesis penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan teknik pembelajaran Problem Solving lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas XI MAN 2 Tanah Datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini meliputi siswa kelas XI MAN 2 Tanah Datar tahun pelajaran 2023/2024. Sampel dipilih dari populasi setelah diketahui bahwa populasi mempunyai variansi yang homogen dan mempunyai kesamaan rata-rata. Untuk pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling dan terpilih kelas XI F-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI F-3 sebagai kelas kontrol. Jumlah siswa pada kelas eksperimen adalah 34 siswa dan pada kelas kontrol adalah 35 siswa. Hasil belajar siswa dapat dilihat dari tes akhir yang diberikan pada kedua kelas sampel. Data hasil tes akhir siswa pada kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji perbedaan rata-rata dengan rumus t-test. Dari hasil analisis t-test diperoleht_hitung=4,67 dan t_tabel=1,982 pada tingkat kepercayaan 95%. Ternyata t_hitung>t_tabel, artinya hipotesis H0 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan teknik pembelajaran Problem Solving lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas XI MAN 2 Tanah Datar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: PMAT FKIP
Date Deposited: 06 Sep 2023 01:39
Last Modified: 06 Sep 2023 01:39
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15878

Actions (login required)

View Item View Item