FUNGSI DPRD KOTA SOLOK DALAM MELAKSANAKAN PENGAWASAN TERHADAP ANGGARAN PENDAPATAN BELANJA DAERAH ( APBD ) PERUBAHAN KOTA SOLOK PERIODE 2021

Muhammad Vandi, Wijaya and Dr. Maiyestati S.H, M.H, Dr. Maiyestati S.H, M.H (2023) FUNGSI DPRD KOTA SOLOK DALAM MELAKSANAKAN PENGAWASAN TERHADAP ANGGARAN PENDAPATAN BELANJA DAERAH ( APBD ) PERUBAHAN KOTA SOLOK PERIODE 2021. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (23kB)
[img] Text
COVER DLL.pdf

Download (465kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (217kB)
[img] Text
PENUTUP.pdf

Download (43kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] Text
FULLTEXT SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Periode 2021 adalah tahun dimana terjadinya pandemi Covid 19, pengawasan terhadap APBD menjadi hal krusial dalam upaya memastikan penggunaan anggaran yang transparan, akuntabel dan efisien guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat daerah Kota Solok, DPRD berperan penting dalam melakukan pengawasan tersebut. Adapun permasalahan yang akan di bahas pada penelitian ini adalah:1) Apakah pengawasan yang dilakukan terhadap APBD Kota Solok periode 2021 telah sesuai dengan fungsi DPRD Kota Solok ?. 2) Hambatan-hambatan apa saja yang di hadapi oleh DPRD Kota Solok dalam melaksanakan pengawasan terhadap APBD Kota Solok periode 2021?. 3) Apa saja upaya-upaya yang di lakukan oleh DPRD Kota Solok dalam mengatasi hambatan-hambatan yang di hadapi?. Penelitian yang digunakan adalah penelitian yuridis sosiologis, Sumber data dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi dokumen. Data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian:1) DPRD Kota Solok dalam melaksanakan pengawasan terhadap anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Perubahan Kota Solok periode 2021 diketahui mempunyai 13 tugas pengawasan sesuai dengan Perwako Nomor 2 tahun 2020 Kota Solok. 2) Hambatan-hambatan yang di temui DPRD dalam melaksanakan pengawasan terhadap APBD yaitu kesulitan dalam mengumpulkan data dan informasi, adanya keterbatasan akses dan aktifitas, adanya pergeseran anggaran/refocusing anggaran. 3) Upaya-upaya yang dilakukan oleh DPRD dalam mengatasi hambatan-hambatan yang di temui seperti membangun kerja sama dan komunikasi yang lebih baik antara legislatif dan eksekutif di daerah agar terciptanya transparansi dan efisiensi dalam pengawasan terhadap APBD di periode 2021, mengoptimalkan teknologi dalam rapat dan pengawasan lapangan guna mengurangi dampak Covid 19, melakukan kunjungan lapangan atau kunjungan masyarakat dengan prosedur protokol kesehatan yang berlaku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 06 Sep 2023 01:15
Last Modified: 06 Sep 2023 01:15
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15886

Actions (login required)

View Item View Item