PENGARUH PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR (POC) DARI LIMBAH SAYURAN TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN HIDROPONIK KANGKUNG ( Ipomoea aquatica )

BELLA GUSMELNI, EKA PUTRI and WINCE, HENDRI (2023) PENGARUH PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR (POC) DARI LIMBAH SAYURAN TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN HIDROPONIK KANGKUNG ( Ipomoea aquatica ). Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
cover.pdf

Download (31kB)
[img] Text
pengesahan.pdf

Download (583kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR ISIIIIIIII.pdf

Download (11kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (214kB)
[img] Text
Kesimpulan.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemberian Pupuk Organik Cair yang didapatkan dari hasil limbah sayuran terhadap tanaman hidroponik kangkung (Ipomoea aquatica) dan untuk menganalisis nilai kadar N,P,K yang terdapat pada pupuk organik cair limbah sayuran. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari - Maret 2023 di sekitaran halaman rumah peneliti di Payakumbuh. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan rancangan RAL (Rancangan Acak Lengkap) yang terdiri dari 4 perlakuan dan 8 kali ulangan, yaitu perlakuan kontrol (air), pemberian POC 10 ml, POC 20 ml, dan POC 30 ml. Analisa data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis of varians (ANOVA), dengan menggunakan SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian POC yang berpengaruh terhadap pertumbuhan tinggi batang, jumlah daun, panjang daun, dan lebar daun yaitu pada pemberian POC dengan dosis 10 ml. Sedangkan untuk hasil uji N, P, dan K yang didapatkan tidak memenuhi standar nasional indonesia (SNI). Karena untuk mutu standar SNI itu berkisar pada angka 2-6%, sedangkan untuk kadar N,P, dan K yang didapat pada N sebesar 1,18%, P sebesar 0,59, dan K sebesar 1,25% tidak mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Diharapkan bagi peneliti selanjutnya untuk lebih melihat lagi bagaimana pengaruh dari penggunaan pupuk organik cair (POC) dengan perlakuan dan dosis yang berbeda- beda terhadap pertumbuhan tanaman hidroponik kangkung dan juga bagaimana pengaruh dari pemberian pupuk AB mix yang sudah dijadikan sebagai pupuk untuk jenis tanaman yang menggunakan media hidroponik. Juga memaksimalkan penggunaan pupuk organik cair (POC) dari bahan lainnya yang sudah tidak dimanfaatkan lagi oleh masyarakat menjadi pupuk organik cair yang dapat berfungsi sebagai zat pengatur pertumbuhan tanaman. Kata kunci: Pupuk organik cair, kangkung hidroponik, limbah sayuran, pertumbuhan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PBIO FKIP
Date Deposited: 06 Sep 2023 01:08
Last Modified: 06 Sep 2023 01:08
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15890

Actions (login required)

View Item View Item