PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF MATEMATIKA BERBANTUAN APLIKASI ADOBE FLASH CS6 DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS XI SMA

Puja, Ramadhani Suci and Rita, Desfitri (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF MATEMATIKA BERBANTUAN APLIKASI ADOBE FLASH CS6 DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS XI SMA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER HALAMAN PENGESAHAN,PERSETUJUAN,ABSTRAK,DAFTAR ISI,BAB PENDAHULUAN PUJA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN dan DAFTAR PUSTAKA PUJA .pdf

Download (494kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI PUJA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru yang hanya menggunakan buku paket, RPP, dan LKPD dan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran berbasis IT pada pelajaran matematika. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka diperlukan upaya untuk membantu peserta didik dalam memahami proses pembelajaran dengan menggunakan media yang sedang berkembang, seperti bahan ajar Modul Digital atau biasa disebut juga dengan E-modul. Agar penerapan E-modul berjalan dengan baik, diperlukan faktor pendukung lainnya seperti Pendekatan Matematika Realistik supaya siswa lebih memahami tentang materi yang dipelajari karena berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). model pengembangan menggunakan ADDIE yang memiliki tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pada tahap Analysis, dilakukan observasi untuk mengetahui kendala yang ada di sekolah sehingga mengetahui apa yang dibutuhkan dan dikembangkan di dalam sekolah. Pada tahap Design, merancang produk yang akan dikembangkan. Pada tahap Development, menentukan kevalidan produk yang dikembangkan sehingga layak untuk diuji cobakan. Kevalidan produk dinilai oleh ahli materi dan ahli media, dan validasi dilakukan masing-masing sebanyak dua kali. Pada tahap Implementation, dilakukan uji coba produk yang telah dikembangkan kepada peserta didik kelas XI IPS 2 di SMAN 1 Airpura. Dan pada tahap Evaluation digunakan untuk mengevaluasi produk yang dihasilkan. Pada uji coba produk di SMAN 1 Airpura, subjek penelitian ini adalah 10 orang peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa E-modul dinyatakan valid dengan kriteria “Valid” dari ahli materi sebesar 80% berdasarkan aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian dan pendekatan matematika realistik. Untuk kriteria “Valid” dari ahli media sebesar 80% berdasarkan aspek tampilan, pemrograman, kelengkapan media. E-modul dinyatakan praktis dengan kriteria “Sangat Praktis” dari guru sebesar 88,89% berdasarkan aspek kompetensi, isi, dan manfaat, sedangkan E-modul dinyatakan praktis dengan kriteria “Sangat Praktis” dari peserta didik kelas XI IPS 2 sebesar 94,18% berdasarkan aspek kebahasaan, pemrograman, tampilan, dan keterlaksanaan. Kata Kunci : Pengembangan, E-modul, Pendekatan Matematika Realistik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: PMAT FKIP
Date Deposited: 06 Sep 2023 01:40
Last Modified: 06 Sep 2023 01:40
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15893

Actions (login required)

View Item View Item