PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA UNTUK KELAS XI DI MAN KOTA SOLOK

Cindy Claudya, Wengsti and Ade Fitri, Rahmadani (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA UNTUK KELAS XI DI MAN KOTA SOLOK. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER-PENDAHULUAN.pdf

Download (479kB)
[img] Text
PENUTUP-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB)
[img] Text
FULL BAB 4.2 (EDIT).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Cindy Claudya Wengsti, 2023 : Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Informatika Untuk Kelas XI Di MAN Kota Solok Permasalahan dalam penelitian ini adalah penyampaian materi oleh guru saat PBM menggunakan proyektor dan laptop untuk menampilkan media pembelajaran berupa power point, namun siswa masih belum tertarik karena media pembelajaran yang ditampilkan guru kurang bervariasi, diperoleh data dari 35 orang siswa hanya 15 orang yang bisa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru yang membuat proses belajar mengajar tidak tercapai secara optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran game edukasi berbasis android pada mata pelajaran informatika untuk kelas XI di MAN Kota Solok menggunakan software construct 2 yang valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian Research and Development (R&D). Penelitian dilakukan untuk menguji validasi dan praktikalitas media game edukasi berbasis android, validasi dilakukan oleh 2 orang validator, yaitu ahli materi dan ahli media dengan memberikan lembar validasi berserta media game edukasi berbasis android. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan produk media game edukasi berbasis android pada mata pelajaran informatika bagi kelas XI IPA Man Kota Solok, maka dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan sebuah media game edukasi berbasis android yang dinyatakan valid oleh validator ahli media dan ahli materi sebesar 83% dan dinyatakan praktis oleh siswa sebesar 89%. Kata Kunci : Android, Game Edukasi, Construct 2

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: PTIK FKIP
Date Deposited: 06 Sep 2023 01:44
Last Modified: 06 Sep 2023 01:44
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15902

Actions (login required)

View Item View Item