PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus pada UMKM Kabupaten Solok)

arif, budiman and sefnedi, sefnedi (2023) PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus pada UMKM Kabupaten Solok). Diploma thesis, universitas bung hatta.

[img] Text
Cover Dll.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB Penutup.pdf

Download (174kB)
[img] Text
full bab.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan membuktikan dan menganalisis pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran dengan religiusitas sebagai variabel moderasi. Penelitian ini dilakukan pada UMKM di Kabupaten Solok. Proses pengambilan sampel dilakukan secara random. Metode analisis data yang digunakan adalah Structral Equation Modelling (SEM). Proses pengolahan data dilakukan dengan Partial Least Squre (PLS). Berdasarkan hasil pengujian hipotesis ditemukan orientasi pasar dan orientasi kewirusahaan tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran UMKM di Kabupaten Solok sedangkan religiusitas berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran UMKM di Kabupaten Solok. Selanjutnya dari hasil pengujian hipotesis ditemukan religiusitas mampu memperkuat hubungan antara orientasi pasar dengan kinerja pemasaran UMKM di Kabupaten Solok, selain itu religiusitas memoderasi hubungan antara orientasi kewirausahaan dengan kinerja pemasaran UMKM di Kabupaten Solok. Kata Kunci: Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Religiusitas, & Kinerja Pemasaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Manajemen FEB
Date Deposited: 06 Sep 2023 09:07
Last Modified: 06 Sep 2023 09:07
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15948

Actions (login required)

View Item View Item