PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI PECAHAN MATA UANG UNTUK SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

Yeni, Rhamadhani and Susi, Herawati (2023) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI PECAHAN MATA UANG UNTUK SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. COVER, HALAMAN PENGESAHAN, HALAMAN PERSETUJUAN,ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN YENI RHAMADHANI.pdf

Download (458kB)
[img] Text
ii. BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA YENI RHAMADHANI.pdf

Download (124kB)
[img] Text
iii. FULLTEKS SKRIPSI YENI RHAMADHANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul pembelajaran matematika berbasis problem solving pada materi pecahan mata uang untuk siswa kelas II SDN 094 Giriwinangun Kecamatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model penelitian yang digunakan adalah model 4-D yaitu define, design, development, dan disseminate. Penelitian ini dibatasi hanya 3-D yaitu sampai di tahap development dikarenakan keterbatasan waktu. Penelitian ini dilakukan pada semester 1 tahun ajaran 2022/2023 dengan materi pecahan mata uang. Modul divalidasi oleh 3 orang dosen (ahli materi, ahli bahasa, dan ahli desain). Pada proses praktikalitas, modul diuji coba kepada 1 orang guru dan 16 orang peserta didik. Pada tahap validasi modul dengan model problem solving memenuhi kriteria valid dengan persentase rata-rata 80,83% dengan rincian pada aspek bahasa 75% , aspek materi 85,71% dan aspek desain 81,8%. Pada tahap praktikalitas, modul berbasis problem solving termasuk kriteria praktis dengan rata-rata persentase 83,99% dengan rincian angket respon guru 81,16% dan angket respon peserta didik 86,83%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan modul pembelajaran matematika berbasis problem solving pada materi pecahan memenuhi kriteria valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai salah satu bahan ajar dalam pembelajaran matematika khususnya bagi siswa kelas II di Sekolah Dasar. Kata Kunci : Modul, Problem Solving, Pembelajaran Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 07 Sep 2023 01:57
Last Modified: 07 Sep 2023 01:57
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15966

Actions (login required)

View Item View Item