Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Matematika kelas VIII.

INTAN, SAFITRI and RITA, DESFITRI and NINIWATI, NINIWATI (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Matematika kelas VIII. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
8 intan safitri (1610013211001) ABSTRAK.pdf

Download (30kB)
[img] Text
8 intan safitri (1610013211001) BAB I.pdf

Download (161kB)
[img] Text
8 intan safitri (1610013211001) BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] Text
8 intan safitri (1610013211001) BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] Text
8 intan safitri (1610013211001) BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] Text
8 intan safitri (1610013211001) BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
8 intan safitri (1610013211001) COVER.pdf

Download (55kB)
[img] Text
8 intan safitri (1610013211001) DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kesulitan guru dalam membuat bahan ajar untuk membantu mengembangkan pemikiran dan minat peserta didik untuk belajar matematika. Berdasarkan permasalahan tersebut, salah satu upaya yang dilakukan adalah mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) matematika berbasis pendekatan saintifik pada kelas VIII. Peneliti memilih materi pola bilangan yang sesuai untuk merumuskan ke dalam konsep matematika, dan membangun kemandirian peserta didik. LKPD ini dikembangkan menggunakan basis Pendekatan Saintifik dengan materi Pola Bilangan. LKPD berisi beberapa ilustrasi berupa contoh yang dekat dengan kehidupan peserta didik dan didukung dengan gambar. LKPD memiliki latihan soal yang mudah dipahami dan dekat dengan kehidupan peserta didik sehingga peserta didik menggunakan kemampuan dan memenuhi komponen dalam penyusunan LKPD menurut Depdiknas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKPD berbasis Pendekatan Saintifik yang valid untuk kelas VIII. Pertanyaan pada penelitian ini adalah bagaimanakah pengembangan LKPD Matematika berbasis Pendekatan Saintifik untuk kelas VIII yang valid dan praktis? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Metode pengembangan yang digunakan adalah model Plomp yang terdiri dari tiga fase yaitu : i) Fase Penelitian pendahuluan, ii) Fase pengembangan atau pembuatan prototype, iii) fase penilaian. Namun penelitian ini peneliti hanya sampai fase ke dua yaitu fase pembuatan prototype. Validasi dilakukan oleh 2 orang dosen Matematika. Berdasarkan hasil validasi dari ahli diperoleh hasil bahwa LKPD ini valid dengan rata-rata kevalidan 79,58%. Sedangkan hasil angket praktikalitas peserta didik di peroleh rata-rata 85,33 % dengan kriteria Praktis. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan LKPD ini dapat digunakan sebagai media alternatif oleh tenaga pendidik, serta perlu dilakukannya penelitian lebih lanjut dalam mengembangkan LKPD matematika hingga fase ke tiga, yaitu fase penilaian, karena peneliti hanya sampai pada praktikalitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Putri Pustaka
Date Deposited: 19 Nov 2020 07:56
Last Modified: 19 Nov 2020 07:56
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/1597

Actions (login required)

View Item View Item