PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE BERBASIS INDEX CARD MATCH DALAM PEMBELAJARAN IPA TEMA 1 KELAS IV SD NEGERI 157/VIII SUMBERSARI KABUPATEN TEBO PROVINSI JAMBI

Novi, Handayani and Enjoni, Enjoni (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE BERBASIS INDEX CARD MATCH DALAM PEMBELAJARAN IPA TEMA 1 KELAS IV SD NEGERI 157/VIII SUMBERSARI KABUPATEN TEBO PROVINSI JAMBI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
SKRIPSI NOVI HANDAYANI 18-224 (BAB 5 & DAFTAR RUJUKAN)FIX.pdf

Download (221kB)
[img] Text
cover- bab I.pdf

Download (842kB)
[img] Text
SKRIPSI NOVI HANDAYANI 18-224 FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa media Puzzle berbasis Index Card Match dalam pembelajaran IPA tema 1 tentang bunyi bagi siswa kelas IV SD Negeri 157/VIII Sumbersari Kabupaten Tebo Provinsi Jambi yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D yaitu define,design, develop dan disseminate. Namun keterbatasan waktu, maka peneliti hanya sampai pada tahap development (3-D). Validasi dilakukan oleh 3 orang dosen validator, yaitu validator aspek materi, validator aspek bahasa, dan validator aspek desain. Praktikalias dilakukan oleh 1 orang pendidik dan 21 orang peserta didik kela IV SD. Data untuk validasi diperoleh dari hasil analisis validasi aspek materi 3,38 dengan kriteria valid, aspek bahasa 3,92 dengan kriteria sangat valid, dan aspek desain 3,62 dengan kriteria sangat valid, dengan rata-rata keseluruhan nilai validasi diperoleh sebesar 3,64 dengan kriteria sangat valid. Analisis data praktikalitas dari pendidik diperoleh sebesar 92,9% dengan kriteria sangat praktis dan praktikalitas dari peserta didik diperoleh sebesar 89,9% dengan kriteria sangat praktis. Rata-rata hasil praktikalitas pendidik dan peserta didik adalah 91,4% dengan kriteria sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa media Puzzle berbasis Index Card Match dalam pembelajaran IPA sudah sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai salah satu sumber belajar atau bahan ajar untuk peserta didik maupun pendidik. Saran untuk peneliti selanjutnya dapat mengembangkan media Puzzle berbasis Index Card Match dengan materi yang lainnya dan diharapkan peserta didik dapat berfikir kritis dalam memecahkan masalah dan memperoleh pengetahuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 07 Sep 2023 01:28
Last Modified: 07 Sep 2023 01:28
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15970

Actions (login required)

View Item View Item