Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis teori APOS (Action, Process, Object, Schema) Pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII Tingkat SMP/MTs.

DWI, ANDIKA PUTRI and RITA, DESFITRI and Edrizon, Edrizon (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis teori APOS (Action, Process, Object, Schema) Pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII Tingkat SMP/MTs. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
9 DWI ANDIKA PUTRI (1610013211002) ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
9 DWI ANDIKA PUTRI (1610013211002) BAB I.pdf

Download (214kB)
[img] Text
9 DWI ANDIKA PUTRI (1610013211002) BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] Text
9 DWI ANDIKA PUTRI (1610013211002) BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)
[img] Text
9 DWI ANDIKA PUTRI (1610013211002) BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] Text
9 DWI ANDIKA PUTRI (1610013211002) COVER.pdf

Download (110kB)
[img] Text
9 DWI ANDIKA PUTRI (1610013211002) DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (294kB)
[img] Text
9 DWI ANDIKA PUTRI (1610013211002) BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kenyataan bahwa memahami suatu konsep dengan baik seringkali dilewatkan oleh peserta didik. Peserta didik sering mengabaikan definisi, teorema, atau sifat-sifat yang berlaku dalam suatu topik bahasan matematika. Berdasarkan permasalahan tersebut, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengembangkan LKPD berbasis teori APOS (Action, Process, Object dan Schema). LKPD berisi sebuah ilustrasi berupa contoh yang dekat dengan kehidupan peserta didik dan di dukung oleh tokoh animasi kartun untuk lebih menarik perhatian peserta didik. LKPD memuat latihan soal yang mudah dipahami dan dekat dengan kehidupan peserta didik sehingga peserta didik menggunakan kemampuan bernalarnya dan memenuhi komponen Depdiknas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKPD berbasis teori APOS (Action, process, object dan schema) yang valid dan praktis untuk kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research & Development. LKPD berbasis teori APOS ini dikembangkan dengan model Plomp. Pengembangan ini dilakukan tiga tahap yaitu tahap Fase Preliminary research (Penelitian pendahuluan), (Development or prototyping phase) pengembangan atau pembuatan prototipe dan one to one. Dari hasil analisis angket uji validitas, diperoleh kesimpulan bahwa LKPD berbasis teori APOS ini valid sebesar 99,17%. Uji praktikalitas yang dilaksanakan pada tiga orang peserta didik dinyatakan praktis yakni sebesar 92,78%. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan LKPD ini bisa digunakan sebagai media alternatif oleh tenaga pendidik, namun perlu dilakukannya penelitian lebih lanjut pada sekolah lain, karena peneliti hanya sampai pada praktis dan uji coba skala kecil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Putri Pustaka
Date Deposited: 20 Nov 2020 01:14
Last Modified: 20 Nov 2020 01:14
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/1598

Actions (login required)

View Item View Item