PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING YANG DIDUKUNG DENGAN MEDIA POWERPOINT DI SDN 07 GURUN LAWEH

Rezo, Maulana and Siska, Angreni (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING YANG DIDUKUNG DENGAN MEDIA POWERPOINT DI SDN 07 GURUN LAWEH. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER,HALAMAN PENGESAHAN, PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA(1).pdf

Download (36kB)
[img] Text
SKRIPSI REZO MAULANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan tes akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 07 Gurun Laweh yang berjumlah 26 orang. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar aktivitas guru dan soal tes hasil belajar. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa persentase aktivitas guru yaitu 79,5% pada siklus I meningkat menjadi 88,5% pada siklus II. Pada hasil belajar siswa diperoleh persentase ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 23% dengan rata-rata hasil belajar 66,3 meningkat menjadi 76% dengan rata-rata hasil belajar 78,6 pada siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 07 Gurun Laweh. Saran dalam penelitian ini kepada peneliti selanjutnya untuk dapat mengkaji lebih dalam terkait menggunakan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 07 Sep 2023 08:40
Last Modified: 07 Sep 2023 08:40
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16005

Actions (login required)

View Item View Item