Perancangan Prototipe Sistem Monitoring dan Kontrol Suhu dan Tekanan Pada Stasiun Boiler dan Stasiun Sterilizer Berbasis Internet Of Things Pabrik Kelapa Sawit (PT. Perkebunan Nusantara VI)

M., Gio Pramana putra and Mirzazoni, Mirzazoni (2023) Perancangan Prototipe Sistem Monitoring dan Kontrol Suhu dan Tekanan Pada Stasiun Boiler dan Stasiun Sterilizer Berbasis Internet Of Things Pabrik Kelapa Sawit (PT. Perkebunan Nusantara VI). Other thesis, Universitas Bung hatta.

[img] Text
Cover - Pendahuluan Gio Pramana Ok.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi Gio Pramana Ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
kesimpulan-daftar pustaka gio.pdf

Download (171kB)

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini menunjukkan semakin pentingnya efisien yang menyebabkan kebutuhan untuk mengontrol berbagai peralatan industri tidak hanya dilakukan dengan seseorang berada didekat peralatan industri tersebut tetapi bisa juga dilakukan dari jarak jauh. Untuk memonitoring dan mengontrol peralatan industri saat operator beraktifitas diluar lingkungan kerja diperlukan sebuah alat yang dapat terhubung dengan internet agar bisa dikontrol dari jarak jauh. Karya tulis ini bertujuan untuk membuat protoype sistem monitoring dan kontrol pada stasiun boiler dan stasiun sterilizer berbasis Internet Of Things (IoT). Pada penelitan ini didapatkan hasil perancangan stasiun boiler dan stasiun sterilizer, proses buka tutup valve selenoid dapat dilakukan dengan baik dengan maksimal tekanan pada boiler sebesar 22 Psi dan pada sterilizer 10 Psi. sedangkan untuk titik puncak suhu terjadi pada menit ke 22 sebesar 113C. hasil tersebut dapat dimonitoring melalui web thinger.io dengan delay waktu 1 menit. Kata Kunci : Stasiun Boiler; Stasiun Sterilizer; Suhu; Tekanan; Internet Of Things.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Elektro
Depositing User: Teknik Elektro FTI
Date Deposited: 11 Sep 2023 08:57
Last Modified: 11 Sep 2023 08:57
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16111

Actions (login required)

View Item View Item