IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG No. 7 TAHUN 2017 TENTANG PEMILU (KHUSUSNYA HAK DAN KESEMPATAN PENYANDANG DISABILITAS UNTUK DIPILIH DALAM PEMILU DI KOTA PADANG)

Abraham, Ismed and Darmini, Roza and Maiyestati, Maiyestati (2023) IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG No. 7 TAHUN 2017 TENTANG PEMILU (KHUSUSNYA HAK DAN KESEMPATAN PENYANDANG DISABILITAS UNTUK DIPILIH DALAM PEMILU DI KOTA PADANG). Masters thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER-BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
PENUTUP-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (972kB)
[img] Text
TESIS ABRAHAM ISMED.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pemilu merupakan hak bagi setiap warga negara Indonesia, termasuk hak dari penyandang disabilitas, hal ini tertuang dalam Pasal 5 Undang-Undang No. 7 tahun 2017 yang mengatur tentang kesempatan yang sama untuk memilih, dipilih dan sebagai penyelenggara pemilu. Kenyataanya ditemukan kesulitan bagi penyandang disabilitas untuk memenuhi hak-haknya sesuai dengan pasal tersebut. Rumusan masalah yang dibahas bagaimana implementasi Undang-Undang No. 7 Tahun 2017 tentang pemilu (Khususnya hak dan kesempatan penyandang disabilitas untuk dipilih dalam pemilu di Kota Padang), apa saja kendala-kendala yang dialami oleh kelompok masyarakat penyandang disabilitas, partai politik dan KPU dalam mengimplementasikan hak politik bagi penyandang disabilitas pada pemilu di Kota Padang, serta upaya-upaya yang dilakukan KPU, masyarakat disabilitas dan partai politik dalam mengatasi kendala yang dialami oleh masyarakat penyandang disabilitas dalam memperjuangkan hak politiknya di Kota Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum empiris dengan pendekatan yuridis sosiologis. Penelitian ini menggunakan mix method melalui pendekatan kualitatif dengan studi kasus dan dipadukan dengan kuantitatif melalui penyebaran angket kuisioner. Hasil penelitian ditemukan, implementasi pemenuhan hak penyandang disabilitas berdasarkan UU no 7 tahun 2017 untuk hak dalam memilih sudah ditemui sedangkan untuk hak dipilih belum terpenuhi. Kendala-kendala yang dialami disabilitas yang telah bergabung dalam partai politik namun dalam pelaksanaannya tidak ada dissabilitas yang turun langsung dalam pemilihan umum. Upaya yang dilakukan KPU melakukan sosialisasi sedangkan dari partai politik belum ada upaya. Kata kunci : Pemilu, Disabilitas, undang-undang

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum Magister
Date Deposited: 12 Sep 2023 01:39
Last Modified: 12 Sep 2023 01:39
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16128

Actions (login required)

View Item View Item